Abram, S.IP; Pendataan Dan Penyaluran BLT Harus Sesuai dengan Juknis, Adil dan Transparansi

32 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Agar penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa bisa terarah dan tepat sasaran, pemerintah kecamatan (Pemcam) Kalumpang menggelar Sosialisasi Mekanisme dan Proses Penyaluran BLT.

Bertempat di kantor kecamatan Kalumpang, kegiatan Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Camat Kalumpang Abram, S.IP., dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini, dihadiri oleh Pjs. Danramil Kalumpang, Letda Inf. makmur, perwakilan Polsek Kalumpang, Aiptu. Yohanes dan pendamping TAPW (Tenaga ahli pendamping wilayah) Sulbar. Kamis, (14/5/2020).

 

Dalam sambutannya, Camat Kalumpang Abram, S.IP mengatakan, hendaknya dalam pendataan dan penyaluran BLT harus sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis), Asas keadilan, dan Transparansi.

Camat Kalumpang berharap, prinsip akuntable dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa utamanya dalam kegiatan Covid-19 dan BLT Desa harus lebih dikedepankan.

“Saya menghimbau kepada para kades bahwa, nama-nama yang terjaring dalam pendataan calon penerima BLT sebelum di lakukan penetapan, sebaiknya di umumkan atau di Pampang di kantor desa, sebagai wujud transparansi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam memberikan masukan dan tanggapan bagi nama-nama calon penerima BLT. Dan apabila telah disetujui dan disahkan maka, selanjutnya melakukan proses penetapan bagi penerima BLT berdasarkan mekanisme yang ada,” ucap Abram.

Di akhir pertemuan, berkali-kali Camat Kalumpang mengingatkan kepada seluruh kepala Desa beserta perangkatnya agar jangan pernah mencoba untuk bermain-main dengan kegiatan Bantuan Sosial ini, utamanya yang BLT.

“Harus betul-betul tersalurkan, tepat sasaran, terdokumentasi, akuntable dan dilaksanakan secara Transparansi,” ungkapnya jelas.

“Biarlah apa yang anda lakukan dengan niat yang tulus, Yakin… Tuhan sudah terlebih dulu mengetahuinya…!!,” tutup Abram yang diamini oleh seluruh peserta Sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Pjs. Danramil Letda. Inf. Makmur dalam sambutannya menghimbau kepada pemerintah Desa agar lebih mengedepankan ketertiban, disiplin dan keamanan, dengan tetap mengendepankan anjuran pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19 (Physical Distancing_red;) dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, perwakilan Polsek Kalumpang pun ikut melengkapi pernyataan yang disampaikan oleh Pjs. Danramil Kalumpang.

“Tetap perhatikan protokol kesehatan saat pendataan ataupun penyaluran BLT nya, biar kita semua tetap aman dan sehat selalu”, ungkapnya.// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait