Abrasi Pantai Menelan Beberapa Makam di TPU Rangas

158 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Tempat pemakaman umum di rangas Kabupaten Mamuju mengalami abrasi hingga hilang terbawa arus, wargapun berharap perhatian pemerintah.

Beginilah kondisi terkini Tmpat Pemakaman Umum yang berlokasi di dekat pantai di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Abrasi pantai yang sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu di daerah Rangkas Saat ini semakin parah akibat curah hujan dan gelombang laut yang tinggi.

Meskipun Tempat Pemakaman Umum yang letaknya berada di pinggir pantai ini semakin hari semakin terkikis oleh air laut sehingga ada beberapa makam yang rusak serta ada juga beberapa yang telah hilang terbawa arus, namun sayangnya sampai saat ini belum ada tindakan dari Pemerintah Daerah ataupun Provinsi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Menanggapi persoalan abrasi pantai yang terjadi di wilayahnya hingga merusak beberapa makam tersebut, Wahyudin selaku Lurah Rangas mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat, namun akan segera turun ke lokasi untuk meninjau langsung keadaan di sana dan jika memang keadaannya dirasa sangat mendesak, maka akan segera melaporkannya kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju.

“Sampai saat ini, kami belum menerima laporan dari warga soal itu. Tapi kami akan segera turun lapangan untuk memeriksa, kalau memang dianggap perlu, maka akan segera saya laporkan ke pak Bupati”, tandas Wahyuddin.

Akibat abrasi pantai yang terjadi di daerah Rangas, tercatat ada 2 makam milik warga hanyut terbawa arus laut, serta beberapa makam rusak parah.

Masyarakat mengharapkan adanya perhatian dari pihak pemerintah, agar supaya abrasi ini tidak terus-menerus mengikis pinggir pantai hingga merusak atau menelan pekuburan keluarga mereka yang dikubur di tempat itu. *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait