Akibat Longsor menutupi Akses Jalan, Enam Dusun Di Desa Pamulukang Terisolir

19 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Akibat Hujan Deras yang mengguyur Kabupaten Mamuju beberapa waktu lalu, Akses Jalan Desa Pamulukang Tertimbun Longsor. Satu Rumah Warga Tertimbun Longsor, Masyarakat Di Enam Dusun pun Terisolir.

Hujan deras dan berkepanjangan yang mengguyur Kabupaten Mamuju pada Hari Kamis, (28/02/2019) lalu mengakibatkan bencana longsor dan Banjir dimana-mana. Salah satu daerah yang terdampak akibat tanah longsor adalah Desa Pamulukang, Kecamatan Kalukku.

Sedikitnya Enam dari Tujuh Dusun yang berada di Desa Pamulukang, sampai saat ini masih terisolir akibat longsoran tanah yang menutupi akses jalan utama yang merupakan satu-satunya jalan penghubung antara Desa Pamulukang ke pusat kecamatan Kalukku. Enam Dusun tersebut adalah Dusun Betteng Batu, Rombi Apo, Tatora, Batu Pute, Pondokang Indah, dan Dusun Waidango.

Menurut Kepala Desa Pamulukang, Jasmin mengatakan,

“Kurang lebih ada sepuluh titik longsor yang yang menutupi jalan Desa Pamulukang dan yang terparah berada di Dusun Betteng Batu. Kurang lebih 100 meterbadan jalan rabat beton tertimbun tanah bercampur lumpur dan bebatuan,” ungka Jasmin.

“Ada satu rumah milik warga yang berada di Dusun Betteng Batu tertimbun material Longsor, tapi Alhamdullilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” Lanjut Kepala Desa Pamulukang saat diwawancarai Wartawan Tribun Timur.com.

Meski sudah diturunkan satu buah Excavator milik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR_red;) kabupaten Mamuju ntuk pembersihan material Longsor, namun Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mamasa ini masih terisolir, warga Desa belum bisa ke kota untuk membeli keperluan mereka sehari karena akses jalan masih tertutup material. Dan menurut informasi yang didapat, sampai saat ini sebagian besar wilayah Desa yang terisolir, belum mendapatkan bantuan logistic secara merata.

Menurut Mahmud, Operator Excavator saat diwawancarai mengatakan,

“Diperkirakan proses pembersihan jalur ini akan memakan waktu sekitar dua minggu sampai bisa dilewati oleh kendaraan dengan lancar”, ungkap Mahmud. // ** JUDISTIRA.

Dikutip dari : Tribun Timur.com

Posting Terkait

  1. author
    g1 bulan agoBalas

    I’m not sure why but this site is loading very slow for me.
    Is anyone else having this issue or is it a problem on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

  2. author
    tinyurl.com1 menit agoBalas

    Hi, I think your website might be having internet browser compatibility problems.
    When I take a look at your site in Safari, it looks fine
    however when opening in I.E., it’s got some overlapping
    issues. I simply wanted to provide you with a quick
    heads up! Besides that, fantastic site!

Tinggalkan pesan