AMSI Sulbar Dengan KPU Mamuju Gelar Workshop ‘Election Reporting’

4 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -“Tentang pemberitaan di Pilkada tahun ini, kami tentu berharap agar pemberitaannya itu tidak provokatif. Sebab panas tidaknya Pilkada ini semua tergantung teman-teman media. Kalau dia soft, saya yakin semua tahapan akan berjalan dengan damai,“.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang pada workshop Election Reporting yang Dilaksanakan KPU Mamuju bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Sulawesi Barat di salah satu cafe di kota Mamuju. Selasa, (21/7/2020).

Menurut Hamdan, terdapat satu kesamaan yang begitu jelas antara kerja-kerja yang dilakukan KPU dengan aktivitas jurnalistik yang dijalankan para wartawan. Baik KPU maupun wartawan, kata Hamdan, Sama-sama dituntut bekerja secara profesional, independen dan berintegritas.

“Tidak boleh berat sebelah, harus sama rata. Semua dibungkus oleh etika. Kalau di kami ada DKPP, sementara di teman-teman media ada Dewan Pers,” sambung Hamdan di hadapan sejumlah wartawan yang sempat hadir.

Sukses tidaknya seluruh tahapan Pilkada tahun ini, lanjut Hamdan, akan sangat tergantung pada keterlibatan semua pihak. Bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara (KPU, Bawaslu dan DKPP) saja.

“Utamanya keterlibatan teman-teman media. Kami tetap berharap kerjasamanya. Kami sadar betul bahwa tanpa keterlibatan media, saya kira informasi itu kurang massif diterima oleh masyarakat luas,” tutup Hamdan Dangkang.

Mendudukkan media sebagai mitra strategis pada pelaksanaan Pilkada tahun ini juga diakui Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin. Didaulat sebagai pembicara pada workshop tersebut, Rusdin menganggap, karya jurnalistik yang dihasilkan oleh media merupakan sumber informasi yang penting untuk mendukung kerja-kerja Bawaslu.

“Media adalah stakeholder yang paling besar di Pilkada ini. Ia punya kekuatan besar yang tidak dipunyai oleh stakeholder lainnya. Isu yang disampaikan media itu sangat penting, khususnya bagi kami. Sebagai penyelenggara, jelas kami membutuhkan sinergi dengan teman-teman media,” sumbang Rusdin.

Selain Hamdan, dan Rusdin, DR Rahmat Idrus yang akademisi, serta Korwil AMSI wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan NTT, Upi Asmaradhana juga didaulat sebagai pembicara utama pada workshop Election Reporting hari itu.

Hadir pula sejumlah Komisioner KPU Mamuju. Diantaranya Hasdaris, Ahmad Amran Nur serta Muhammad Rivai.// Hms. KPU Kab. Mamuju // **Judistira.

Posting Terkait