Anshari Habsi; Pentingnya Sinergitas Dalam Pembangunan Daerah

5 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dalam melakukan Optimalisasi penyelenggaraan Otonomisasi Daerah (Otoda_red;) dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI_red;), DPRD diharapkan menjadi mitra yang harmonis dengan Pemerintah Daerah (Pemda_red;) dengan memberi dan mengusahakan dukungan yang diperlukan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM_red;) saat membuka acara Orientasi /pembekalan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD_red;) Mamuju Masa Jabatan 2019-2024 di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju. Selasa, (17/9/2019).

“Saya harapkan dukungan dari anggota DPRD, mari dukung gubernur dan Bupati Mamuju, sehingga pembangunan di Sulbar betul-betul berjalan dengan baik, khususnya di Mamuju sebagai ibu kota provinsi,” tutur ABM.

Tidak hanya itu, ABM juga mengatakan, DPRD juga diharapkan dapat menjembatani Pemda dengan masyarakat dan mengusahakan kesepakatan maupun dukungan terhadap sistem politik secara keseluruhan, serta kebijakan spesifik tertentu.

Dikemukakan, dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, pasal 1 ayat 4 menyatakan, DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. Dengan kata lain, dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan di daerah, DPRD merupakan mitra sejajar dengan Pemda.

“Dengan begitu, kemitraan memiliki makna yang begitu penting dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, sehingga memerlukan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak untuk terus menjaga dan mempertahankan semangatnya”, lanjutnya.

Kemitraan antara Pemda dan DPRD pada periode yang lalu telah berjalan dengan baik. Sinergi ini perlu dijaga dan dilanjutkan pada periode ini, ” kata Ali Baal Masdar.

Ketua DPRD Mamuju, Azwar Anshari Habsi mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan Anggota DPRD yang baru saja di Lantik mendapatkan pengetahuan persoalan kedewanan, Baik itu pembahasan APBD, APBD-P. Tentu orientasi keilmuannya melalui kegiatan ini adalah agar kebijakan dalam pembahasan anggaran, pendapatan belanja daerah bisa lebih maksimal, sesuai yang di harapkan masyarakat.

“Kualitas, Kapasitas dan Kompetensi para anggota DPRD menjadi sangat relevan untuk terus ditingkatkan secara terprogram, konsisten dan berkelanjutan pada masa yang akan datang”, Tutup Anshari Habsi.// Lal // **Judistira.

Posting Terkait