Bawaslu Pastikan Tidak Akan Tebang Pilih Dalam Penidakan pelanggaran Pemilu

88 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Ketua Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu_red;) Provinsi Sulawesi barat  Menegaskan, tidak akan tebang Pilih dalam Peni ndakan setiap Pelanggaran Pemilu yang terjadi. Bawaslu gagas “Forum Warga” Deklarasikan Tolak Money Politic dan Hoax.

Dalam perjalanan tahapan Kampanye, sering terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh peserta maupun penyelenggara Pemilu. Untuk menghindari Hal tersebut, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo dalam kesempatan sebagai narasumber dalam kegiatan dialog publik peringati Hari Pers Nasional yang digelar oleh Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS_red;) beberapa waktu lalu menegaskan, Pihaknya berkomitmen Tidak akan tebang pilih dalam penanganan setiap Kasus pelanggaran Pemilu yang ditangani.

“Kita berkomitmen dan saya pastikan, tidak akan tebang pilih dalam menangani setiap kasus yang kita tangani. Semua sama dimata hukum”, ucapnya.

Dalam acara yang bertajuk “ Mengawal Pesta Demokrasi 2019, Demi Kemajuan Pembangunan” ini, ketua Bawaslu juga menyebutkan, bahwa untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan Pihaknya telah menggagas sebuah Program dengan Nama “Forum Warga” yang nantinya akan melibatkan sekitar 20 Desa se Sulawesi Barat untuk dideklarasikan sebagai Daerah Tolak Money Politic dan Hoax.

Untuk Mewujudkan Pemilu yang berkualitas, kita di Bawaslu sudah menggagas sebuah program yang dinamakan Forum Warga. Nanti ada 20 Desa yang akan kita deklarasikan sebagai Dearah Tolak Money Politic dan Hoax, itu se Sulawesi Barat”, Ungkap Sulfan Sulo.

Menjawab pertanyaan dari penanya dalam acara dialog tersebut, Ketua Bawaslu Sulbar ini pun menyampaikan rencana kedepan dari Bawaslu dalam mengawal Pemilu agar tetap aman dan Transparan.

“Untuk 21 Hari terakhir kampanye, kami akan intensifkan gerakan Patroli dengan membangun posko-posko aduan masyarakat disetiap daerah sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam melaporkan setiap dugaan Money politic yang terjadi diwilayahnya,” ungkap Sulfan Sulo.

Sebagai informasi, saat ini Bawaslu sedang focus pada pembentukan pengawas TPS dan rencananya, tanggal 25 Februari nanti akan dilakukan pelantikan Pengawas TPS se-Sulawesi Barat. Selain itu juga Bawaslu akan melakukan pelatihan saksi dengan harapandapat meningkatkan kualitas para saksi sehingga sengketa pemilu dapat di selesaikan di tingkat TPS. // **JUDISTIRA.

Posting Terkait