Bawaslu Sulbar Gelar Deklarasi Pemilu Damai

313 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dengan maksud untuk menciptakan Pemilihan Umum 2019 (PEMILU) yang damai dan berintegritas maka Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Barat (Bawaslu Sulbar) menggelar deklarasi “Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA untuk pemilu 2019 berintegritas” bertempat di lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Selasa, (18/9/2018).

Dalam orasi politiknya, ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan bahwa suksesnya pemilu 2019 ada di pundak KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara makanya diharapakan agar sebagai penyelenggara harus memiliki integritas. Dan beliau menempatkan peserta Pemilu dalam hal ini parpol dan capres sebagai pihak yang paling berperan besar, dalam suksesi Pemilu.

“Peserta pemilu harus punya komitmen untuk menjadi peserta pemilu yang berintegritas,” katanya.

Khusus untuk masyarakat, Ketua Bawaslu berharap agar menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas.

Dalam kesempatan yang sama, dalam orasi politiknya, Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo mengatakan, sikap menolak politik uang dan politisasi SARA adalah cerminan demokrasi.

“Kita disatukan dalam cita-cita yang sama, yakni tolak politik uang dan politisasi SARA. Masyarakat harus diberi kebebasan memilih,” ujar Sulfan.

Kegiatan deklarasi tersebut ditutup dengan pernyataan sikap oleh KPU, Bawaslu, tokoh-tokoh masyarakat, Seluruh utusan OKP, serta utusan dari partai politik yang ditandai dengan penandaan telapak tangan di kain putih. Hal iini dimaksudkan sebagai tanda perlawanan terhadap politik uang dan politisasi SARA pada pemilu 2019.// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait