Bawaslu Sulbar Gelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas SDM Panwascam Dan Bawaslu kabupaten/ kota

109 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Jelang tahun politik Pemilihan umum Legislatif dan Presiden tahun depan, Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Barat (Bawaslu Sulbar_red;) menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas SDM kepada Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu kabupaten/ kota se- Provinsi Sulawesi Barat, bertempat di Hotel d’Maleo Mamuju. Senin, (27/9/2018).

Dalam sambutannya, ketua Bawaslu Sulawesi barat Sulfan Sulo menyampaikan bahwa Bawaslu adalah lembaga penyelenggara pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum di seluruh wilayah Indonesia.

“Diantara tugas pengawas Pemilu ialah mengawasi perencanaan dan penetapan jadwal tahapan pemilu, mengawasi tahapan pemilu, mengawasi pelaksanaan putusan pengadilan terkait pemilu, memantau atas pelaksanaan tindak lanjut penanganan pelanggaran pidana pemilu oleh instansi yang berwenang,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu RI, Abhan, juga menyampaikan bahwa kita saat ini memasuki tahapan-tahapan pemilu 2019.

“Tahapan-tahapan yang krusial, tahapan yang semakin menguras fikiran kita dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai anggota pengwas pemilu,” terangnya.

“Kita punya tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu 2019, sesuai dengam UU yaitu, KPU, Bawaslu dan DKPP harus menjadi satu dalam menjadi penyelanggara pemilu. Saat ini kewenangan bawaslu multikomplek, hampir semua kewenangan yang ada di KPU bisa kita gunakan”, papar Abhan.

“Sekarang penentunya bukan hanya di KPU tetapi ada juga di Bawaslu,” tutupnya.// *JM.

Posting Terkait