Bimtek Pengembangan Kompetensi Bagi Asesor Digelar Oleh BPSDM Sulbar

339 views

Mamuju, Potretrakyat.com; Untuk meningkatkan Kualitas SDM ditingkat ASN Pemeritah Provinsi Sulawesi Barat melalui BPSDM gelar Bimtek Pengembangan Kompetensi Bagi Asesor.

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan kunci keberhasilan pembangunan, oleh karena itu peningkatan kapasitas profesionalisme aparatur pemerintahan hendaknya terus dipacu, kehadiran BPSDM diharapkan mampu menjawab tantangan yang dihadapi oleh ASN provinsi Sulawesi Barat. Hal ini disadari karena SDM aparaturlah garda terdepan untuk melaksanakan pembangunan.

Mengingat hal tersebut maka pada hari Rabu, (7/11/2018) bertempat disalah satu hotel terbesar di kabupaten Mamuju, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Barat (BPSDM Prov. Sulbar _ red;) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek_red;) Pengembangan Kompetensi Asesor Pemerintahan Dalam Rangka Sertifikasi dan Uji Kompetensi Jabatan Struktural Lingkup Pemprov. Sulbar dan rencananya kegiatan Bimtek tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan hingga hari sabtu, (10/11/2018) mendatang.

Dalam kesempatannya, Kepala Inspektorat Pemprov. Sulbar yang membacakan sambutan dari Gubernur Sulbar menyampaikan bahwa
Pelaksanaan sertifikasi kompetensi pemerintahan terhadap pejabat fungsional polisi pamong praja, pejabat fungsional pemadam kebakaran, pejabat fungsional pengawas pelaksanaan pemerintahan daerah, JPT Madya, JPT Pratama, Administrator serta pengawas, telah dilaksanakan dibeberapa provinsi, hal ini berdasar pada amanat peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, dimana pada pasal 98 ayat 2 dan 3, dijelaskan bahwa pegawai Aparatur Sipil Negara yang menduduki jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator dan jabatan pengawas pada perangkat daerah harus memenuhi persyaratan teknis, manajerial, sosial kultural dan kompetensi pemerintahan. Hendaknya SDM aparatur dapat diarahkan agar mampu memiliki etos kerja yang Produktif, Terampil, Kreatif, Disiplin dan Profesionalisme, disamping itu mengusai ilmu dan teknologi yang inovatif.

“Dengan akan diberlakukannya ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri, bahwa sertifikasi kompetensi Pemerintahan merupakan salah satu persyaratan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN_ red;) untuk diangkat dalam semua jenjang jabatan, maka hal itu mengisyaratkan kepada kita bahwa setiap ASN yang akan dipromosikan dalam satu jabatan, wajib terlebih dahulu lulus uji kompetensi, ketentuan itu mengindikasikan, bahwa kita dituntut untuk segera memasuki era kompetitif yang semakin ketat yang didasarkan atas kompetensi”, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, “Asesor Pemerintahan diharapkan mampu melaksanakan uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi pemerintahan bagi ASN yang akan menduduki suatu jabatan tertentu baik itu jabatan stuktural maupun jabatan fungsional, tugas ini tentu tidak ringan, olehnya itu kami berharap kegiatan ini mampu menambah kompetensi saudara untuk melaksanakan uji kompetensi kepada ASN nantinya”, Kata Suryadi.

Sedangkan dalam sambutan yang disampaikan oleh DR.Rita Karinasari selaku Narasuber, menyampaikan bahwa Asesor harus bisa menghadirkan suatu pola pendekatan serta mensinergi kan berbagai regulasi supaya tata kelola ASN bisa lebih murah sebab Asesor Pemerintahan ini sudah diatur oleh undang- undang.

” Mari kita di Sulbar, menghadirkan suatu pendekatan yang komprehensif, yang efektif dan efisien. Artinya Asesor ini bisa berperan sebagai sebagai Sertifikator yang mensertifikasi dan juga sebagai pengawas saat seleksi jabatan”, Ucap Rita.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wajdi, Kepala Biro Kesra Sulbar Muh.Ali Chandra, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulbar Suratman, Ketua Panitia/ Kepala Bidang Sertifikasi BPSDM Sulbar Sugeng Irianto, DR.Rita Karinasari selaku Narasumber dalam Bimtek ini, serta para tamu undangan dan peserta sekitar 30 orang.// * JM.

Posting Terkait