BKKbN Perwakilan Sulbar Gelar Kegiatan Review Program KKBPK Tingkat Provinsi Tahun 2018

1924 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dalam rangka mengetahui bagaimana gambaran pencapaian program sekaligus mengevaluasi kebijakan dan strategi yang telah ditetapkan dalam Pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sulawesi Barat dan telah berlangsung selama 6 bulan pertama di tahun 2018 ini maka, pada Rabu, (29/08/2018) bertempat di ruang Merak, Hotel D’Maleo Mamuju, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKbN) Provinsi Sulbar menggelar kegiatan Review Program KKBPK Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2018.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKbN Provinsi Sulawesi Barat Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd. ini, dihadiri oleh Sekretaris Perwakilan BKKbN Provinsi Sulbar Ibu Hj. Hunaidah G, SE, M.Si., para Kepala bidang lingkup BKKbN Provinsi Sulbar, Kepala SKPD-KB Kabupaten Se-Sulawesi Barat,
Pejabat Eselon III dan IV Provinsi dan Kabupaten,
Para Camat dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Se-Sulawesi Barat.

Salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar pelaksanaan Program KKBPK lebih ditingkatkan melalui akselerasi di seluruh wilayah, khususnya bagi kabupaten yang masih memiliki unmeet need dan TFR yang tinggi, dan yang masih rendah angka penggunaan alat kontrasepsi (CPR).

“Telaah (review) ini sebenarnya dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan program KKBPK semester I tahun 2018; menyusun kebijakan dan strategi program KKBPK semester II tahun 2018; serta menyusun kebijakan, strategi, dan sasaran program KKBPK tahun 2019”, Ungkap Andi Rita Mariani Selaku Kepala Perwakilan BKKbN Provinsi Sulawesi Barat.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Perwakilan Sesuai dengan hasil SDKI 2017, laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) Nasional 1,49 dan Sulawesi Barat dengan angka 2,6 masih di atas dari angka Nasional, demikian juga dengan Angka Total fertility Rate (TFR) 2,7 dan target sasaran Nasional 2,6 yang artinya Sulawesi Barat masih perlu menurunkan 0,1 hingga akhir RPJMN 2019 nantinya. Sulawesi Barat masih memerlukan kerja keras untuk meningkatkan penggunaan Alat/obat kontrasepsi (CPR) saat ini pada angka 48,6% dan diharapkan menjadi 58,6%, demikian juga dengan angka unmet need (pasangan Usia subur yang ingin menggunakan alat/obat kontrasepsi tetapi tidak terlayani masih tinggi yaitu sebesar 14,6 %.

“Selain itu angka kasus kehamilan dan kelahiran usia remaja 15-19 tahun, pada saat ini menjadi kasus tertinggi di Indonesia yaitu 104 kasus per 1000 kehamilan dan kelahiran, sedangkan pada Renstra 2015-2019 telah ditetapkan bahwa secara Nasional harus diturunkan menjadi 70 kasus per 1000 kehamilan dan kelahiran, tentunya untuk mencapai hal tersebut Sulawesi Barat harus berkontribusi menurunkan yang saat ini juga masih tinggi, yaitu 48 per 1000 kehamilan dan kelahiran. Dengan kondisi demikian dibutuhkan strategi serta dukungan komitmen yang kuat dari kita semua”, Ucap Andi Rita.

“Strategi pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2018 di arahkan pada seluruh wilayah kabupaten yang masih rendah penggunaan alat kontrasepsi (CPR), Unmet Need dan TFR yang tinggi. Penyusunan strategi penggarapan program tidak terlepas dari kondisi capaian saat ini dan target yang akan dicapai”, Ucap Istri dari Drs. Farid Wadiji, MM., Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi barat itu.

Untuk diketahui bahwa dengan hasil tarsebut, berbagai hal sangat perlu dilakukan dalam rangka mendukung keberhasilan Program tersebut ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional dan dengan posisi demikian, BKKBN Provinsi Sulawesi Barat sebagai leading sektor dalam hal penggarapan Program KKBPK bekerja sama dengan mitra/sektor terkait lebih khusus kepada SKPD-KB Kabupaten sebagai pelaksana teknis di masing-masing kabupaten dapat menyusun strategi akselerasi penggarapan program berdasarkan kondisi wilayah masing-masing kabupaten, inovasi yang memiliki daya ungkit yang mampu memacu peningkatan keberhasilan pencapaian KB.// JM.

banner 468x60)

Posting Terkait