Bupati Matra Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2017

256 views

MATRA,POTRETRAKYAT.COM-Bupati Mamuju Utara (Matra) Agus Ambo Djiwa meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2017 dari salah satu media cetak nasional, Koran Sindo (MNC Group). Agus memperoleh penghargaan untuk kategori pelayanan masyarakat dalam program Gema D’Smart.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan didampingi oleh Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo di Hotel The Westin, Jakarta, hari ini Selasa malam tanggal 1 Agustus 2017.

Dalam sambutannya, mendagri mengatakan, inovasi menjadi salah satu kunci suksesnya pembangunan di daerah. Tanpa adanya inovasi di daerah, pembangunan hanya akan berjalan di tempat.

Atas dasar hal itu, Mendagri mengapresiasi Koran Sindo yang turut mengawal inovasi yang diciptakan oleh para kepala daerah. Tjahjo menilai inovasi daerah adalah hal yang tidak bisa ditawar demi kemajuan daerah.

“Kami memberikan apresiasi kepada media Koran Sindo yang konsisten untuk mencermati gelagat dan dinamika yang ada di daerah, termasuk dalam hal inovasi . Membangun inovasi-inovasi ini bagian yang tak terpisahknya dari suksesnya daerah,” katanya.

Penghargaan KDI 2017 diberikan kepada 27 kepala daerah yang terdiri 5 gubernur, 9 wali kota, dan 13 bupati. Penghargaan ini dibagi dalam enam kategori, yakni Ekonomi dan Investasi, Pelayanan Masyarakat, Sosial Budaya, Infrastruktur Pembangunan, Tata Kelola Pemerintahan, dan Lingkungan hidup.

Mengutip Soekarno, Tjahjo mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki impian. Dengan impian itu pemimpin mampu membentuk persepsi-persepi yang dapat melahirkan keberanian. “Inovasi penting mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Program-program kerja diharapkan juga mampu menekan angka kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan sosial,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan dengan inovasi maka kepala daerah juga mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakatnya. Di sisi lain inovasi akan membuat penyerapan anggaran di daerah tidak saja untuk pos-pos rutin semata.

“Fokus dalam hal inovasi saya kira sangat penting. Jangan sampai penyerapan anggarannya bagus hanya untuk program rutin dan tidak ada inovasi. Nantinya manfaatnya anggaran tidak akan dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya pun terus mendorong program inovasi yang dilakukan di daerah. Salah satunya melalui ajang penganugerahan penghargaan KDI 2017 yang diharapkan mampu merangsang daerah lain untuk melakukan inovasi. Dia pun mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan KDI 2017.

“Semoga ke depan ada daerah baru dan tidak hanya itu-itu saja yang dapat. Asosiasi kepala daerah harus dapat saling bertukar pikiran sehingga setiap daerah mampu berinovasi,” ujarnya.

Bupati Matra Agus Ambo Djiwa mengaku merasa bangga dan bahagia atas penghargaan yang diterimanya tersebut. Apalagi, ia satu-satunya kepala daerah di Sulbar yang mendapat penghargaan.

“Ini bukan penghargaan untuk saya saja sebagai bupati, tapi ini penghargaan untuk seluruh masyarakat Mamuju Utara. Karena kami dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Pemerintah tidak bisa bekerja dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Mamuju Utara atas dukungannya selama ini,” kata Ketua DPD PDIP Sulbar ini.
4 Lampiran

(Rln)

Posting Terkait