Deklarasi Tolak Hoax Oleh Komunitas Motor Sulbar Bersama Ditlantas Polda Dan Satlantas Polres Mamuju.

330 views

MAMUJU, Potretrakyat.com; — Direktorat Lalulintas Polda Sulbar (Ditlantas) dan Sat Lantas Polres Metro Mamuju menggandeng Komunitas motor yang ada di Sulbar Khususnya di Mamuju untuk menyosialisasikan penolakan terhadap hoax (berita bohong) dan ujaran kebencian (hate speech).

 

Menurut, Kasubdit. Dikyasa Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulbar Kompol. Muhammad Imbar Bakri, mengatakan, pihaknya sengaja bersinergi dengan klub sepeda motor, karena mereka mempunyai peran signifikan dalam peredaran informasi.

“Kegiatan mereka, sosialisasi, touring, hingga donasi bantuan dan berinteraksi dengan pengendara lain, bisa dimanfaatkan untuk mensosialisasikan kampanye anti hoax,” kata Kompol. Muhammad Imbar Bakri usai deklarasi anti hoax di Anjungan pantai Manakarra, Kamis (15/3/2018).

Selain itu, Para klub tersebut juga, telah diberikan pemahaman terkait pola dan tata cara mengenal informasi hoax.

“Jadi, ketika membaca sebuah berita, cek dulu sumber beritanya, cek juga sumber yang lain. Kalau baik, mereka bisa sosialisasi ke rekan komunitas dan masyarakat sekitar,” kata Muhammad Imbar Bakri.

Selain itu, para klub tersebut juga turut mensosialisasikan taat berlalu lintas.

“Mereka ini mitra polisi, karena turut serta dalam mensosialisasikan keselamatan berkendara,” ujarnya.

Sementara, ketua Sulbar Max Club (SMC) Sulbar, Yang akrab disapa om Andang ini, mengatakan, komunitas pecinta motor yang ada di Sulbar Ini juga menyambut baik upaya Polri tersebut. Menurutnya, saat ini telah banyak orang yang menjadi korban dari kejamnya berita hoax baik dimedia sosial maupun media sejenis berbasis online lainnya, seperti ujaran kebencian. Namun tidak banyak yang berani dan mengerti bagaimana cara melaporkan hal ini sesuai dengan undang-undangan ITE.

“Tentu kami sangat mendukung upaya pemberantasan hoax ini. Karena hoak dapat menimbulkan kegaduhan dan perpecahan antar masayarakat,” katanya.

Dia pula berharap, agar masyarakat Sulbar dan mamuju pada khususnya yang lainnya turut serta bersinergi melawan pemberitan hoak. Untuk itulah, dibutuhkan pemahaman serta ketelitian dalam menerima suatu berita.

“Jadi, kedepanya masyarakat mamuju tidak mudah terpancing dengan hoak dan isu sara yang mulai merusak kesatuan dan persataun antar masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, Deklarasi Tolak Hoax yang di gagas Ditlantas Polda Sulbar dan Sat Lantas Polres Metro Mamuju Ini di ikuti kurang lebih 50 Bikers Dari berbagai club dan komunitas yang ada di Mamuju.// Tir // *JM.

Posting Terkait