Dirikan Posko Pemantauan, Pemdes Makkaliki Antisipasi Penyebaran Covid-19 Di Desanya

19 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Antisipasi penyebaran virus Corona atau yang kini lebih dikenal dengan nama Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), Pemerintah Desa (Pemdes) Makkaliki bentuk tim gugus Desa dan dirikan posko penjagaan di Desa. Senin, (20/4/2020).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh kepala Desa Makkaliki ini, dilaksanakan selamaa dua hari sejak sabtu, 18/4 hingga minggu, 19/4 dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa dalam proses pembangunan Tiga Posko tersebut.

Menurut pengakuan Yoshua selaku kepala Desa Makkaliki kepada wartawan potretrakyat.com melalui sambungan aplikasi Whatsapp mengatakan, Pembangunan tiga posko ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pemantauan pergerakan orang/ warga desa Makkaliki atau pun pendatang yang keluar masuk desa, agar dapat dipantau secara maksimal demi pencegahan penyebaran Covid-19 di desa tersebut.

“Agar supaya kami tau siapa saja yang melintas keluar masuk Desa dan bisa dibatasi, sehingga tidak terjadi penularan wabah Corona di Desa kami ini”, ucap Yoshua.

Lebih lanjut dikatakan Yoshua, “Kami juga membentuk Tim Gugus Tugas Desa yang terdiri dari para Aparat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Petugas Kesehatan,tokoh masyarakat, tokoh adat, Hansip (Pertahanan sipil) dan pemuda Desa Makkaliki. Hal ini untuk membantu dalam upaya pencegahan tersebut”.

Saat melewati posko masyarakat atau pun pendatang yang akan memasuki wilayah desa akan dilakukan penyemprotan desinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan oleh petugas kesehatan yang ada di setiap posko tersebut.

Untuk setiap posko, tiap harinya dijaga oleh enam (6) orang warga yang namanya telah tercantum dalam jadwal yang dibuat oleh Pemdes. Tak hanya itu, setiap petugas jaga diberikan honor sebesar Rp. 50.000/ orang.

Untuk diketahui, Tiga posko yang di dirikan itu yakni, Posko I di dusun Mariri yang berbatasan dengan kecamatan Kalumpang. Posko II ditempatkan dipusat Desa yakni di dusun Makkaliki, sedangkan posko yang ke III berbatasan langsung dengan desa Karataun di dusun Lambu.// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait