Disdukcapil Gelar Bimtek Registrasi Kependudukan

738 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Sosialisasi, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju juga menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa tentang Registrasi Kependudukan. Kamis, (27/09/2018).

Kegiatan yang berlangsung selama Satu hari ni dilaksanakan di Ruang pola Kantor Bupati Mamuju dan dibuka langsung oleh Bupati Mamuj H. Habsi Wahid serta dihadiri oleh Seluruh Camat dan Sekcam, Lurah dan Kepala desa serta unsur- unsur terkait dalam Pelaksanaan Registrasi Kependudukan.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan berdasarkan pada Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2006 Dan Undang- undang No. 24 Tahun 2013 tentang Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dengan tujuan adalah untuk lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kecamatan, Kelurahan maupun di Desa tentang kebutuhan Administrasi kependudukan serta lebih memahami cara- cara kerja dalam penginputan data administrasi kependudukan yang sesuai dengan amanat Undang- undang.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Bimtek tersebut adalah mengenai Mekanisme Pemanfaatan Data oleh Instansi/ Lembaga Pengguna, Tugas dan tanggung Jawab Registrator, Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2006 dan UU No. 24 Tahun 2013, Sadar Administrasi Kependudukan Sebagai Gerakan Untuk Akurasi Data Penduduk Dan Persiapan Pileg Dan Pilpres 2019.

Dalam pemaparannya materinya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju Agung Pattola, AP. S.IP lebih menitik beratkan pada Prioritas pelayanan administrasi Kependudukan kepada masyarakat sesuai dengan Motto Melayani Dengan Hati, Sepenuh Hati, Dengan Hati- hati dan Tidak Sesuka Hati, serta Visi- Misi dari Disdukcapil Mamuju.

“Mari kita samakan tujuan yang sesuai dengan Tugas dan tanggung jawab kita masing- masing, mari bersama-sama memahami tugas kita. Mari bersinergi menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA_red;). Prioritaskan yang memang betul- betul menjadi Prioritas”, ucap Agung.

Menurut data Kependudukan Kabupaten Mamuju pada semester Pertama Tahun 2018, dari 301.176 Jiwa masyarakat Mamuju, terdapat 207.076 Jiwa/Orang di Mamuju yang merupakan wajib KTP(Wajib Memiliki KTP_red;) namun baru 144.245 Orang yang memiliki KTP -El sedangkan 62.831 Orang belum memiliki KTP-El/ Belum melakukan Perekaman KTP. Selain itu Cakupan Kepemilikan Akte Kelahiran Anak dari usia O sampai dengan 18 Tahun adalah 301.140, dari jumlah tersebut, yang sudah memiliki Akta Kelahiran berjumlah 86.100 Jiwa/Orang sedangkan sebanyak 215.040 Jiwa/ Orang Belum memiliki Akta Kelahiran.// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait