Disdukcapil Mamuju Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tingkat Kabupaten

225 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil_red;) Kabupaten Mamuju Mengelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tingkat Kabupaten Mamuju Kamis, (27/09/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil ini merupakan salah satu tuntutan yang harus dilaksanakan karena Sesuai dengan Undang- undang nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang mengamanatkan Penggunaan data Kependudukan Kemendagri merupakan satu-satunya data yang digunakan untuk semua keperluan seperti : alokasi anggaran, pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pembangunan demokrasi (Pemilu, Pilkada) penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Mamuju H. Habsi wahid ini dihadiri oleh Kepala dinas Dukcapil Mamuju, Seluruh Kepala Bidang lingkup Disdukcapil Mamuju, yang mewakili Dandim 1418 Mamuju, yang mewakili Kepala Pengadilan Agama, yang mewakili Kepala KUA, yang mewakili Kapala Kantor Imigrasi dan para peserta yang terdiri dari Para Camat, dan Seluruh Aparat Kecamatan, Lurah dan Kepala Desa Se- Kabupaten Mamuju.

Dalam sambutannya, Bupati Mamuju mengharapkan peran serta yang aktif dari seluruh pejabat Kecamatan, kelurahan hingga ke desa agar dapat membantu masyarakatnya dalam memperoleh administrasi kependudukan yang lengkap. Selain itu juga Bupati Mamuju menginstruksikan kepada Disdukcapil Mamuju untuk turun langsung ‘Jemput Bola’ ke masyarakat dan tidak menunggu masyarakat datang ke kantor untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukannya.

“Disdukcapil harus lebih aktif ‘Jemput Bola’, jangan menunggu masyarakat datang ke kantor untuk mengurus keperluan administrasi kependudukannya”,ungkap Habsi.

Lebihh lanjut disampaikan oleg Bupati; “Saya mengharapkan Disdukcapil Kab. Mamuju, Aparatur Sipil Negara, terutama Aparatur ditingkat Kecamatan, Desa dan Lurah sebagai ujung tombak Pelaksana Administrasi Kependudukan di Daerah untuk menumbuh-kembangkan Gerakan Mamuju Sadar Administrasi Kependudukan di media sosial dalam jaringan dan di media siaran/iklan layanan masyarakat/publikasi di Radio, Televisi atau koran lokal”.

Sedangkan dalam laporannya selaku ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut, Kadis Dukcapil Mamuju Angung Pottola AP. S.IP menyebutkan bahwa Kegiatan Sosialisasi ini merupakan salah satu langkah untuk menyamakan persepsi antara semua pemegang kebijakan tentang kependudukan baik dari tingka teratas hingga tingkat terendah di suatu desa.

“Dari jumlah penduduk Mamuju 301.176 Jiwa pada semester Pertama Tahun 2018, ada 207.076 Jiwa yang merupakan penduduk wajib KTP dan dari jumlah tersebut baru 144.245 Jiwa/ Orang yang memiliki KTP El sedangkan sisanya 62.831 orang belum memiliki KTP-El atau pun melakukan perekaman KTP-El”, ugkap Agung dalam laporannya.

“Mari kita bersinergi untuk menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dengan melakukan kerjasama lintas sektor dalam mendukung tertib administrasi Kependudukan”, imbuhnya.

Kegiatan Sosialisasi ini diselenggarakan di Ruang Pola Kantor Bupati Mamuju dan berlangsung selama 1 Hari, sejak pukul 09.00 WITA sampai dengan 12.00 WITA, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang cara registrasi kependudukan kepada para aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa.// JM.

banner 468x60)

Posting Terkait