Enam Kepala OPD Tak Hadir RDP, Dewan Kecewa

156 views

POTRETRAKYAT.COM-Enam kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo tidak hadir dalam rapat dengar pendapat (RPD) dengan Komisi I DPRD kota setempat, Selasa (22/8). Ketua Komisi I DPRD Abdul Azis pun mengaku sangat kecewa.

Sebab, RPD itu bukan membahas masalah biasa. Melainkan, membahas laporan pertanggungjawaban penggunaan APBD (LPP) 2016 Kota Probolinggo. Memang, tiap OPD datang. Namun, bukan kepalanya yang datang.

“Ini bukan RDP yang bisa diwakilkan pada staf. Tapi, ini rapat untuk mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran selama tahun 2016,” tutur Azis.

Politis PKB ini menjelaskan, undangan untuk mengikuti rapat komisi membahas LPP APBD 2016 telah disampaikan beberapa minggu sebelumnya. Karena itu, kepala OPD, menurutnya, pasti tahu jadwal tersebut. “Bahkan, dalam rapat, juga bukan sekretaris OPD yang datang. Tapi kabid,” keluhnya.

Ada sejumlah kepala OPD yang tidak hadir. Yakni, Bappeda Litbang, Inspektorat, Dishub, Bagian Hukum, kepala BKPSDM, dan kepala DPPKAD.

Achmad Sudianto, Plt sekda Kota Probolinggo tidak mengangkat saat ditelpon untuk konfirmasi. Dia hanya memberikan jawab lewat pesan singkat. “Nanti saya hubungi lagi kepala OPD. Saya masih ada di Surabaya,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bappeda Litbang Budiono Wirawan membenarkan jika tidak bisa hadir dalam rapat dengan Komisi I. “Saya memang tidak bisa hadir. Ini, ada undangan rapat pimpinan daerah tentang pengarusutamaan gender di Jakarta. Saya diminta mendampingi Wali Kota,” jelasnya dalam pesan singkat.

Sementara Sekretaris Bappeda Litbang menurutnya, ada tugas luar kota. “Mulai Senin ada tugas luar kota dan baru datang Selasa malam (22/8),” tuturnya.

(br/put/mie/JPR)

Posting Terkait