Foto Ini Menggambarkan Kacaunya Gedung Putih

211 views

AMERIKA,POTRETRAKYAT.COM-Foto Presiden AS Donald Trump dan staf level A Gedung Putih ini diambil pada 28 Januari 2017. Itu adalah foto ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump menerima telepon dari Presiden Rusia Vladimir Putin setelah resmi menjadi presiden AS.

Tidak sampai setahun usianya. Namun, foto itu menggambarkan bagaimana kacaunya Gedung Putih. Lingkaran utama Trump berubah dengan cepat. Pergantian dan pemecatan menjadi bagian dari foto itu.

Pada Jumat (18/8) waktu setempat, Steve Bannon yang menjabat sebagai Kepala Strategi menjadi ”korban” terakhir yang ditendang dari pemerintahan Trump. Jadi, bagaimana kabar tokoh-tokoh di dalam foto tersebut?

1. Donald Trump – Hampir tujuh bulan sejak pelantikannya pada 20 Januari, Trump mendapat tekanan pada beberapa bidang. Meski tetap menjadi presiden, namun kepemimpinannya terus dibayangi oleh penyelidikan Rusia yang sedang berlangsung. Trump juga menghadapi kritik baru dari tokoh senior Demokrat dan Republik karena tanggapannya terhadap kejadian yang melibatkan supremasi kulit putih di Charlottesville.

2. Reince Priebus (Mantan Kepala Staf) – Priebus digulingkan pada akhir Juli setelah enam bulan ditunjuk. Dia dipecat menyusul serangkaian pekan yang kacau di Gedung Putih. Mantan Kepala Kongres Nasional Republik itu kemudian digantikan pensiunan JenderalJohn Kelly.

3. Mike Pence, Wakil Presiden – Pence tetap sebagai wakil presiden Trump, satu-satunya orang di foto itu (selain Trump sendiri) yang bisa bertahan tujuh bulan pertama. Namun pada awal Agustus dia terpaksa menyangkal bahwa dia sedang mempersiapkan sebuah tawaran presiden 2020 setelah ada berita yang muncul di New York Times.

4. Steve Bannon, (Mantan Kepala Strategi) – Bannon adalah orang terakhir yang dipecat. Sebagai pemain sayap kanan dan mantan kepala Brietbart.com, dia membantu kampanye pemilihan Trump pada 2016, namun tampaknya dia punya konflik dengan faksi Gedung Putih yang lebih moderat.

5. Sean Spicer, (Mantan Sekretaris Pers) – Spicer menjadi terkenal karena gayanya yang berapi-api dengan media. Namun, dia mengundurkan diri pada akhir Juli karena masalah yang kemudian membuat Trump mengangkat Direktur Komunikasi baru Anthony Scaramucci. Scaramucci kemudian juga dipecat. Berbicara kepada Fox News, Spicer mengatakan bahwa ada risiko jika “terlalu banyak koki di dapur.” Dia bahkan memperkirakan kalau posisinya tidak akan bertahan lebih dari 10 hari.

6. Michael Flynn, (Mantan Penasihat Keamanan Nasional) – Kepergian Flynn adalah salah satu yang paling diperdebatkan. Dia dipaksa keluar setelah 23 hari pada Februari ketika isu mengenai hubungannya dengan Rusia terungkap. Secara teknis, Flynn mengundurkan diri, tapi dia diminta melakukannya oleh presiden. Kepergiannya mengikuti minggu-minggu memperdalam skandal di mana muncul bahwa dia telah menyesatkan pejabat Gedung Putih, termasuk wakil presiden, atas kontaknya dengan duta besar Rusia Sergei Kislyak.(*)

(tia/CNN/BBC/JPC)

Posting Terkait