Gaya “Jaman Now” Kasat. Lantas Res. Polman Dalam implementasi Democratic Policing.

497 views

Polewali Mandar, Potretrakyat.com; –Kasat Lantas Res. Polewali Mandar (Polman), AKP. Suhartono, S.H., S.I.K., melakukan Patroli jalan kaki di area pasar Baru, Polman untuk menyapa dan mengajak kerjasama petugas Dinas Perhubungan dan Masyarakat untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas dan parkir di area Pasar serta berdialog diskusi dengan
dengan para pedagang dan masyarakat yang berbelanja di area pasar.

Jumat, (20/07/2018) pukul 06.30 s. d. 07.30 Wita didampingi Juara 3 Polisi Teladan Polres Polman Brigpol Ilham Darsal Kasat Lantas Res. Polman melaksanakan menyambangi Pasar Baru, Polewali.

Dalam patroli jalan kaki yang dilakukan AKP. Suhartono menyapa dan mengajak kerjasama petugas Dishub yaitu Bapak Asrul dan Bapak Sudin dan masyarakat untuk

taat dalam berlalulintas serta menjaga kelancaran arus lalu lintas dan area parkiran yang ada di pasar. Satu hal yang menarik adalah sebagian konsep berpikir masyarakat hasil diskusi dengan masyarakat adalah menggunakan helm dalam berkendara motor karena “biar tidak melanggar”.

“Jauh dekat pakai helm ji pak,” sebut Bu Rini salah seorang masyarakat yang menggunakan helm bahkan saat sambil berbelanja sangat diapresiasi Kasat. Lantas Res. Polman. Sebuah jawaban yang benar dan tepat dari warga masyarakat yang tertib berlalu lintas menggunakan helm saat berkendara bahkan saat jalan kaki masuk ke pasar baru untuk berbelanja.

Namun, dalam kesempatan ini Kasat. Lantas Res. Polman menjelaskan untuk meluruskan tujuan dan mengajak masyarak di area pasar bahwa mari kita gunakan helm saat berkendara bukan karena alasan takut ditilang Polisi namun justru demi keselamatan diri. Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Wilayah Kabupaten Polman tinggi dengan jumlah korban meninggal dunia periode 5 tahun terakhir adalah 220 orang.

“Masyarakat belum banyak mengetahui bahwa kecelakaan lalu lintas sumber data informasi di google penyebab kematian rangking 5 terbesar nasional. Sebagian masyarakat mengetahui bahwa penyebab kematian terbesar hanya disebabkan karena menderita sakit kronis seperti jantung, kangker dan penyebab sakit lainnya.

Masyarakat bisa mengetahui kecelakaan, jika :
1. Dirinya sendiri mengalami kecelakaan.
2. Keluarga atau orang yang dicintai atau bahkan tetangga nya kecelakaan.
3. Ketika bepergian melihat di jalan ketika melintas ada keramaian kecelakaan ditepi jalan.
4. Melihat informasi di media sosial ada berita tentang kecelakaan lalu lintas,” ungkap AKP. Suhartono.

Maka demikian Kasat Lantas Res Polman mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan diri dan keselamatan orang lain.

Patroli dialogis yang dilaksanakan oleh Kasat Lantas Res. Polman didampingi Polisi teladan Polres Polman ini sesuai implementasi Program Bapak Kapolres Polman AKBP. Muh. Rifai S.H., S.I.K., untuk mewujudkan Polman yang aman dan kondusif serta ditekankan dan diarahkan oleh Wakapolres Polman Kompol. Mihardi, S.H., S.I.K., untuk mewujudkan kemitraan dengan masyarakat sehingga tercapai situasi aman aman Polman.

“Tugas ini merupakan bagian dari implementasi Democratic Policing yaitu Polisi yang mengormati HAM, transparan dan profesional. Polisi yang memahami apa yang diinginkan masyarakat tentang rasa aman termasuk di jalan. Harapan masyarakat itu sejahtera dan sejahtera tak tercapai tanpa kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat. Model democratic policing menghadirkan Polisi ditengah-tengah masyarakat harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Polman yang dilayani agar berfungsi dengan baik dalam pelaksanaan tugas kepolisian”, tambah Kasar.

Oleh karena itu Sat Lantas Res Polman turun ke masyarakat seperti ke Pasar Baru, Polewali ini untuk bertugas menyapa masyarakat, mendengarkan suara feed back aspirasi dari masyarakat serta menghimbau dan mengajak menggunakan helm saat berkendara sepeda motor guna keselamatan di jalan serta tercipta kondisi ini dalam rangka pencegahan tejadinya semua potensi gangguan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Polman.

“InsyaAllah akan sukses dengan doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Polman untuk mewujudkan situasi aman dan sejahtera serta kondusif di wilayah hukum Polres Polman ini.

Semoga Allah Swt memberikan hidayah dan kekuatan serta perlindungan- Nya kepada kita semua mewujudkan Kabupaten Polman aman dan kondusif,” tutup Kasat. Lantas Res. Polman AKP. Suhartono, S.H., S.I.K.// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait