Gerak Cepat Kodim 1418/Mamuju Bantu Korban Banjir

69 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Mamuju dan sekitarnya, disertai kilatan petir yang mengeluarkan suara menggelegar. Kamis, (28/2/2019) sejak pukul 15.30 wita.

Sontak menyebabkan banjir beberapa tempat di Kecamatan Kalukku, Kab Mamuju Prov Sulawesi Barat, yang membuat warga panik dan khawatir, hingga sebagian warga ada yang mengungsi mencari tempat yang aman.

“Adapun titik banjir yang terjadi antara lain, Kel. Bebanga dimana ling. Makarama 25 rumah terendam, 3 buah rumah hanyut terbawa air dan 1 unit Motor Matic hanyut, ling. Ahuni 20 unit rumah terendam, ling. Lengke 4 ekor Kambing hanyut tersapu air.

Sementara itu di Kelurahan Sinyonyoi membuat lumpuh jalur darat trans Sulawesi, disebabkan ruas jalan jalur dua terendam air dengan ketinggian air sekitar 30 centimeter.

Di Kelurahan Kalukku ketinggian air sekitar 30 centimeter diatas jalan raya, begitupun Desa Pokkang ketinggian air sekitar 120 centimeter.

“Dandim 1418/Mamuju, Letkol Inf Jamet Nijo ,S,Sos merespon cepat berkoordinasi dengan Basarnas Kab Mamuju untuk selanjutnya turun langsung ke Tkp yang terkena banjir di Desa Pokkang Kec Kalukku, namun LCR tim SAR tidak dapat digunakan karena jalanan di Desa Pokkang terlalu sempit.

Tim yang turun dibawah komando Dandim 1418/ Mamuju, Letkol Inf Jamet Nijo ,S,Sos, Pasiintel Kodim 1418/Mamuju, Kapten inf Borahima, Danramil 03 Kalukku, Kapten Inf Jalaluddin, bersama Babinsa dan Tim Basarnas melakukan pemantauan dan pertolongan terhadap masyarakat yang rumahnya terkena banjir untuk diungsikan.

“Dandim 1418/Mamuju mengatakan bahwa begitu ada laporan, Ia segera memerintahkan para Danramil beserta para Babinsa, Dan Unit Intel beserta Anggota agar turun ke lapangan mengecek kondisi wilayahnya masing-masing.

Yang mana kondisi saat ini di Desa Pokkang, Kec Kalukku listrik padam dan arus air cukup deras.

Segera berikan bantuan evakuasi terhadap masyarakat bila hal itu dianggap perlu, karena dapat mengancam keselamatan masyarakat yang terkena bencana, serta adakan sterilisasi tempat-tempat evakuasi penduduk,” tutup Dandim, kepada anggota di lapangan. (**)

Posting Terkait