Gubernur Sulbar Hadiri Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 Secara Virtual

4 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menghadiri rapat kerja nasional (rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 secara virtual di Ruang Oval lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar. Senin, (11/1/2021).

Pembukaan Rakernas yang diselenggarakan di Istana Negara Jakarta, diresmikan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Rakernas mengusung tema”memperkuat sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid- 19.

Presiden Joko Widodo mengatakan, yang dibutuhkan oleh Indonesia ialah membangun sebuah kawasan pertanian berskala ekonomi besar, termasuk salah satunya lumbung pangan baru.

“Diperlukan peningkatan skala ekonomi sehingga para petani yang nantinya terhimpun dalam kelompok tani besar memiliki nilai tukar petani yang lebih besar, sekaligus meningkatkan jumlah produksi. Kalau harga tidak kompetitif ya akan sulit kita bersaing, sehingga sekali lagi ini harus dibangun dalam sebuah lahan yang sangat luas,”tandas Jokowi.

Jokowi menuturkan, peningkatan skala ekonomi dan penerapan teknologi pertanian merupakan langkah utama pembangunan pertanian nasional yang harus segera ditempuh. Dengan cara itu maka biaya produksi dapat menjadi lebih murah sehingga menimbulkan harga yang kompetitif dari produksi komoditas pertanian nasional.

“Skala luas dan teknologi pertanian dipakai betul. Itulah cara-cara pembangunan pertanian yang harus kita tuju, sehingga harga pokok produksinya nanti bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara-negara lain. Pembangunan pertanian tidak bisa dilakukan dengan cara yang konvensional, namun harus dilakukan dengan terobosan serta inovasi yang bisa mendongkrak pertumbuhan pertanian berkelanjutan,”ujarnya

Selain itu, pembangunan pertanian sudah harus segera dilakukan secara detail, utamanya terkait komoditas yang saat ini masih memerlukan impor.

“Urusan bawang putih, gula, jagung, kedelai, dan komoditas lain yang masih impor tolong ini menjadi catatan dan segera dicarikan desain yang baik agar bisa kita selesaikan,”imbau Jokowi

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan bahwa pertanian adalah sektor yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dunia. Karena itu, peningkatan produktivitas adalah pilihan yang wajib dilakukan semua pemerhati pertanian Indonesia.

Turut hadir dalam acara rakernas tersebut di antaranya ialah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. // Rilis Humas Prov. Sulbar// **JM.

ADVERTORIAL

banner 468x60) banner 468x60) banner 468x60)

Posting Terkait