IJTI Mengecam Dan Mengutuk Aksi Bom Bunuh Diri Di Gereja Di Surabaya

502 views

Jakarta, Potretrakyat.com; –Pengurus Pusat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menyerukan Mengecam dan Mengutuk perbuatan teror yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan cara melakukan bom bunuh diri di Gereja.

 

Pasca terjadinya bom bunuh diri oleh teroris di tiga TKP (Tempat Kejadian Perkara_red;) di Surabaya pada Minggu pagi tadi, (13/05/2018), banyak mengundang simpati dan perhatian dari semua kalangan tak terkecuali dari kalangan jurnalis seperti yang dilakukan oleh IJTI. Menyikapi peristiwa pengeboman di Gereja di Surabaya, organisasi kewartawanan IJTI menyerukan :

1. Mengutuk keras tindakan biadab pelaku pengeboman. Terorisme adalah kejahatan luar biasa dan tidak dibenarkan oleh agama manapun.
2. Meminta seluruh jurnalis TV berpegang teguh pada kode etik dan P3SPS dalam meliput peristiwa teror bom di Surabaya.
3. Tidak mengeksploitasi visual berdarah korban tragedi bom dilayar kaca.
4. Memverifikasi dan mengkonfirmasi setiap informasi terkait teror bom secara benar sebelum dipublikasi.
5. Tidak ikut menyebarkan dan men-share gambar atau video korban teror bom di media sosial atau applikasi percakapan.
6. Tidak menggunakan narasumber yang bisa memperkeruh situasi.
7. Selain menggali persoalan teror yang sebenarnya, jurnalis harus mendorong dan mendukung aparat kepolisian menangani kasus ini secara menyeluruh dan tuntas.
8. Jurnalis harus ikut serta menjaga stabilitas nasional, dengan terus menumbuhkan harapan serta tidak menimbulkan ketakutan dimasyarakat.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Yadi hendriana selaku Ketua Umum dan Indria Purnama Hadi selaku Sekjen PP. IJTI di Jakarta, (13/05/2018) dan untuk diteruskan ke seluruh pengurus IJTI daerah di Indonesia.

Untuk diketahui sebelumnya telah terjadi aksi teror bom bunuh diri yang dilakukan oleh teroris Minggu pagi tadi di tiga gereja yakni di Gereja Santa Clara Jl. Ngagel, GKI Diponegoro dan di GPPS Jl. Arjuna Surabaya.
// PP. IJTI tembusan Pengda IJTI_ Sulselbar Hudzaifah Kadir// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait