Job Fair, Implementasi Dan Komitmen Pemprov Sulbar Menekan Angka Pengangguran

8 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dengan maksud menekan angka pengangguran, Pemprov Sulbar melalui Dinas tenaga kerjanya gelar Job Fair 2019.

Dalam rangka mengatasi pengangguran dan rendahnya kualitas ketenagakerjaan, Pemprov Sulbar melalui Dinas Tenaga Kerja kembali menggelar pameran kesempatan kerja atau Job Fair 2019 tingkat Sulbar. Senin, (26/08/2019).

Pelaksanaan Job Fair kali ini, dilaksanakan di Atrium Maleo Town Square (Matos) Mamuju. Acara ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar.

Dalam sambutannya Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, Job Fair sebagai salah satu implementasi dan komitmen Pemprov Sulbar dalam peningkatan kualitas tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja untuk menekan angka pengangguran di wilayah Sulbar.

“Kita bersyukur tahun ini kita kembali menyelenggaran Job Fair, kegiatan ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencari pekerjaaan yang telah disiapkan pihak perusahaan yang difasilitasi oleh pemerintah,” ungkap Ali Baal.

Disamping itu, lanjut ABM (Sapaan akrab Ali Baal Masdar_red;), Job Fair juga sekaligus sebagai penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif.

“Kegiatan ini penting untuk dikembangkan terus, agar para pencari kerja terbiasa berkompetisi mengisi kemampuan untuk menyambut masa depan”, tandas Ali Baal.

Untuk itu, Ali Baal, berharap, kegiatan itu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, dengan tetap berupaya meningkatkan kualitas layanan dan penyelenggaraan, serta kualitas kepesertaan perusahaan yang berpartisiasi.

“Saya berharap, semuanya harus bersiap mencari tenaga kerja yang terampil di bidangnya masing-masing dan ke depan dengan upaya kita bersama, insya Allah Sulbar ini semakin maju”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar, Maddareski Salatin menyampikan, pelaksanaan Job Fair dimaksudkan untuk mempermudah para pencari kerja mendapatkan pekerjaan tanpa harus bersusah payah datang ke kantor perusahaan dan sebaliknya pihak perusahaan juga akan mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Sitematikanya cukup sederhana, hanya mencari kerja di stand pameran yang ada dan selanjutnya, para pencari kerja mendaftar kepada perusahaan dengan job-job yang tersedia dan sesuai keahliannya”, terang Maddareski.

Maddareski juga mengungkapkan, terdapat beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu, diantaranya menfasilitasi perusahaan pencari tenaga kerja, mengurangi pengangguran, memperkirakan angkatan kerja yang belum terserap.

Terkait jumlah pencari kerja selama dalam pelaksanaan Job Fair, Maddareski menyatakan, pihaknya menargetkan sekitar 2.000 pencari kerja hadir dalam kegiatan itu. Pelaksanaan job fair 2019 akan berlangsung selama tiga hari dimulai, 25-27 Agustus dan diikuti sebanyak 20 perusahaan yang ada di Sulbar. //Rilis Humasprov Sulbar // ** Judistira.

Posting Terkait