KADISDUKCAPIL MAMUJU; MESKIPUN HANYA RP.5000,- TETAP MELANGGAR UNDANG -UNDANG

Rapat Pelaksanaan Pemutakhiran Data Kependudukan Kabupaten Mamuju di Aula Disdukcapil Kab. Mamuju, Jumat (13/10/17).
236 views

MAMUJU, POTRETRAKYAT.COM; -Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju H. Suparman, S.Sos menghimbau agar jangan sampai ada Operator ataupun Aparatur Kecamatan yang menjadi calo dalam mengurus Dokumen Kependudukan.

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri acara Rapat Pelaksanaan Pemutakhiran Data Kependudukan Kabupaten Mamuju di Aula Disdukcapil Kab. Mamuju, Jumat (13/10/17).

“Untuk Operator ataupun Aparatur Kecamatan agar sekiranya menghindari aktifitas percaloan, karena selama ini mereka yang menjadi operator untuk memfasilitasi masyarakat, jadi diharapkan jangan lagi menjadi calo ataupun ada calo yang menguruskan Dokumen Kependudukan dengan meminta biaya yang mahal”, tegas Suparman.

Karena menurutnya sudah menjadi tugas sebagai unsur dari pemerintahan, untuk melayani masyarakat.

“Kita sebagai unsur pemerintah, memang yang harus turun tangan memfasilitasi masyarakat dan itu sudah menjadi tugas kita dan karena dalam pengurusan ini tidak dipungut biaya, haram hukumnya jika ada biaya”, katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang dan sekecil apapun pungutannya sudah memiliki sangsi hukum.

“Karena hal ini sudah diatur oleh Undang-Undang, jadi bukan soal besar atau kecilnya pungutan tersebut, karena biarpun hanya Rp. 5000,- yang kita pungut, itu sudah masuk dalam pelanggaran Undang-undang, dan itu sudah ada sanksi hukumnya,” tutupnya Kadisdukcapil.// JM

banner 468x60)

Posting Terkait