Kalumpang Masih Butuh Peningkatan Layanan Dasar Pendidikan dan Kesehatan

3 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Kecamatan Kalumpang Masih membutuhkan Peningkatan Pelayanan Dasar di Bidang Pendidikan Dan Kesehatan, Utamanya SDM yang memadai.

Kecamatan Kalumpang sebagai salah satu kecamatan tertua di kabupaten Mamuju, Sulawesi barat namun kebutuhan akan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan sangat menjadi kerinduan oleh seluruh masyarakat di kecamatan tersebut sebab hal tersebut masih sangat jauh dari kata “Memadai”. Hal ini disampaikan oleh camat Kalumpang, Abram, S.IP kepada media ini.

“Meskipun pembangunan Infrastruktur didaerah kami sudah semakin baik sejak beberapa tahun terakhir, namun untuk kebutuhan akan SDM Guru dan tenaga Medis masih sangat dibutuhkan. Pada Tahun 2019 ada penambahan Guru sebanyak 19 Orang dan Tenaga Medis 21 orang, tetapi itu masih jauh dibanding dengan Kecamatan-Kecamatan Lain yg ada di Kabupaten Mamuju,” katanya.

“Bahkan Dalam Setiap Musrenbangcam (Masyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan) kami selalu mengusulkan penambahan Guru dan Tenaga Medis dan bahkan catatan penting untuk memprioritaskan Putra Daerah, karena kondisi Geografis yang tidak Mendukung. Kenapa Kami usulkan Putra Daerah, karena Hasil Evaluasi kami akan Kinerja para tenaga guru dan kesehatan yang berasal dari luar Kalumpang pun masih belum terlalu maksimal dalam pelayanan, oleh karenanya kita butuh putra-putri daerah agar supaya mereka bisa kembali ke kampung untuk ikut membangunan kampung mereka sendiri melalui pelayanan mereka,” ungkap Abram.

“Salah Satu contoh, Guru-guru di tempatkan di Kecamatan Kalumpang Sebanyak 19 orang, itu sebagian tidak dapat memaksimalkan waktu dan kehadirannya di tempat kerjanya, karena persoalan Biaya, waktu dan keluarganya. Dimana Rata-rata Sekolah-sekolah di Kalumpang itu, ASN Hanya 1 orang,” lanjut Abram.

“ASN nya itu Juga adalah Kepala Sekolahnya, Selebihnya Tenaga Kontrak dan Sukarela. Karenanya ini adalah urusan layanan dasar yang sangat Penting untuk menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten dan Pada Awal Tahun 2021, Usulan kami di Musrenbangcam masih Menjadi Prioritas Penting yaitu Bidang Pendidikan dan Kesehatan, utamanya sarana-prasarana dan SDM,” tutur camat Kalumpang, Abram, S.IP.// **Judistira.

banner 468x60) banner 468x60) banner 468x60)

Posting Terkait