Kelihaian Tersangka Penipuan CPNS, Dari KTP Palsu Hingga Diklat Kaleng-kaleng

103 views

Mamuju, Potretrakyat.com;-Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda SUlbar_red;) hingga kini masih mendalami motif Pelaku Penipuan CPNS dan Belum Melakukan Penahanan Terhadap Tersangka dengan alasan Yang bersangkutan masih kooperatif Kepada Pihak Kepolisian.

Sampai Saat ini Polda Sulbar masih melakukan Pendalaman yang kemungkinan masih adanya aktor intelektual lain dalam kasus Penipuan CPNS yang mencatut nama instansi Kementerian Hukum dan HAM Perwakilan Sulbar beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan oleh Kasubdit III Jatanras AKBP. Andi Mapijaji kepada media Potretrakyat.com diruang kerjanya di Mapolda Sulbar beberapa waktu lalu.

Pasalnya, dalam pemeriksaan terhadap tersangka IR atau Ade IR penyidik menemukan motif penipuan cara baru yang terbilang cukup canggih dan terstruktur dengan baik. Untuk memuluskan aksinya, tersangka sengaja membuat dua Kartu Tanda Penduduk. Yang satu asli atas nama IR sedangkan yang satunya lagi Palsu atas nama Ade IR yang dibuat tersangka di salah satu percetakan.

“Lebih hebat lagi, untuk lebih meyakinkan korbannya, tersangka menerbitkan Surat Keputusan (SK_red;) Palsu dengan dibubuhi tanda-tangan dan Cap dari Kepala Kemenkum HAM Sulbar untuk para korban yang lulus tes”, ucap Andi Mapijaji.

“Bahkan, yang lebih gila lagi, Tersangka membuat kegiatan Pelatihan yang menyerupai Diklat kepda korban-korbannya di Pulai Jawa dan Bali dengan menghadirkan para Pemateri dari Makassar dan ada juga yang mengaku sebagai Dosen di salah satu Universitas di Bau-Bau. Sedangkan para pematerinya sendiri Tersangka menggaji mereka sebesar Rp. 2 Juta setiap kali membawakan materi dan disuruh mengaku dari Kemenkum HAM” Ungkapnya.

Mengenai kenapa tersangka sampai saat ini belum dilakukan penahan terhadap tersangka, Andi Mapijaji mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan Pengembangan Kasus yang masih dimungkinkan untuk adanya tersangka lain dan sejauh ini Tersangka masih cukup kooperatif dengan Pihak Kepolisian. // *JM.

Posting Terkait