Ketua KPU Mamuju Lantik 55 Anggota PPK Pilkada Mamuju 2020

25 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Ketua KPU kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang memimpin jalannya proses pelantikan dan pengambilan sumbah/janji jabatan 55 anggota Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada Mamuju tahun 2020.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan para anggota PPK tersebut berlangsung di aula asrama haji kabupaten Mamuju. Sabtu, (29/2/2020).

Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari, Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf Suyitno, Wakapolres Mamuju, AKBP Arianto, pimpinan Bawaslu Mamuju, Faisal Jumalang, serta sejumlah Camat se-kabupaten Mamuju turut hadir dan menyaksikan proses pelantikan dan pengambilan sumpah/janji para anggota PPK.

Para Komisioner KPU Mamuju juga hadir pada kegiatan tersebut.

“Kita harus banyak bersyukur. Sebab dengan itu, segala godaan atau janji-janji seperti yang dikhawatirkan, tidak akan mempengaruhi kita dalam bekerja. Harap kepada para PPK yang baru dilantik ini untuk senantiasa memperlakukan para kandidat secara adil. Semua harus dilayani dengan baik, diperlakukan setara,” harap Hamdan usai melantik para anggota PPK.

Semangat MACOA (Mandiri, Adil, Cerdas, demOkrtis dan Aman) wajib untuk senantiasa dijewantahkan dalam setiap gerak para anggota PPK yang baru dilantik itu.

“Saya minta agar betul-betul bekerja, bukan atas dasar titipan. Kalau semangat Macoa dilaksanakan dengan baik, Insya Allah jalannya Pilkada Mamuju tahun ini juga akan berjalan baik pula,” tandas Hamdan Dangkang.

Sementara itu, anggota Bawaslu Mamuju, Faisal Jumlang meminta para anggota PPK yang baru saja dilantik itu untuk tetap menjaga integritas, sikap profesional sebagai penyelenggara, agar tercipta pemilihan yang adil dan bermartabat.

“Karena kalianlah wajah KPU Mamuju di kecamatan,” ujar Faisal.

Hal lain yang menjadi catatan Bawaslu Mamuju bagi anggota PPK adalah agar mereka yang baru dilantik itu senantiasa bersandar pada peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan serangkaian tahapan Pilkada. Tidak menafsirkan Undang-undang.

“Buatlah kalender tahapan sesuai dengan PKPU 16 tahun 2019 agar tidak telat, dan bisa saling mengingatkan. Rajin membaca regulasi, terutama di bahagian pidana pemilihan. Karena disitu sudah sangat jelas larangan beserta sanksi pidana. Jangan sampai saudara saudari tidak sengaja melanggar pidana pemilihan. Termasuk juga PKPU setiap tahapan agar memahami teknis-teknis penyelenggara,” begitu kata Faisal Jumalang.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari meminta para PPK Pilkada Mamuju untuk benar-benar memaknai sumpah dan janji yang telah diirarkan di bawah kitab suci.

Menurut Irwan, tak ada opsi lain bagi para anggota PPK selain berdiri di garis tak berpijak dalam melaksanakan kerja-kerjanya. Netral, kata Irwan, bukan sebatas di bibir saja.

“Persyaratannya, bapak ibu harus berdiri pada titik nol. Steril, berimbang. Tidak condong ke arah manapun. Berpijaklah pada pijakan yang sejarusnya. Ada Undang-Undang yang mengatur, ada kode etik yang mengatur. Pilihan rakyat adalah pilihan yang harus diutamakan,” beber Irwan Pababari.

Pembacaan pakta integritas juga dilakukan oleh perwakilan anggota PPK usai prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji digelar. Sebanyak 12 poin yang termuat dalam pakta integritas tersebut bakal jadi kontrak kerja yang mengikat para anggota PPK Pilkada Mamuju tahun 2020. (*)// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait