Koordinasi Dengan Kajari Mamuju, Bawaslu Ingin Perkuat Gakkumdu

901 views

MAMUJU, POTRETRAKYAT – Setelah sukses melakukan Audensi dengan Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar), kali ini Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kembali melakukan pertemuan dengan Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari) Mamuju di kantor Kejaksaan Mamuju, Jumat (29/9/2017).

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang di dalamnya terdapat tiga Institusi yakni Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo ,mengatakan Sentra Gakkumdu merupakan wadah untuk memproses dugaan pelanggaran dalam setiap pemilihan ,sehingga wadah yang terbentuk dari tiga institusi penegakan hukum tersebut harus diperkuat .

Untuk itu kata Komisioner Bawaslu ia akan segera melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Stakeholder di kabupaten yang akan melakukan pemilihan bupati dan wakil bupati yaitu Kabupaten Polman dan Mamasa.

Rakor tersebut lanjut Sulfan, dimaksudkan untuk penguatan dan menyatukan norma-norma tentang pemahaman tindak pidana yang akan dijatuhkan dalam setiap proses pelanggaran pidana dalam setiap pemilu.

“Kami akan undang semua Kapolres , Kajari se-Sulbar, termasuk enam anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) semua kabupaten di Sulbar ” Ungkapnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Divisi Hukum dan Penindakan , Ansharullah menekankan pentingnya menjalankan koordinasi dengan pemangku kepentingan terutama yang tergabung dalam forum Sentra Gakkumdu.

“Harus ada koordinasi yang baik antar Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan untuk mencapai sebuah kesepahaman “tutur Ansharullah.

Komisioner Bawaslu ini juga menyampaikan pentingnya menjaga integritas dalam menjalankan tugas, konsisten dengan aturan, dan tidak mudah terpengaruh dengan pihak luar yang ingin mencederai nilai-nilai demokrasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg), maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Kajari Mamuju Drs, Andi Muh. Hamka, SH., sangat merespon komisioner Bawaslu yang akan menggelar rapat stakeholders terkait penguatan Sentra Gakkumdu dalam waktu dekat ini, rapat atau Bimtek penguatan kapasitas untuk menyatukan pandangan adalah hal yang sangat penting, agar setiap laporan dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilihan itu dapat diselesaikan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Yang jelas kami dari pihak Kejari Mamuju dan Kejati akan mendukung sepenuhnya langkah-langkah Bawaslu Sulbar selaku koordinator pada forum Sentra Gakkumdu” imbuhnya. //RU

Posting Terkait