KPU Akan Rekrut 27.048 Orang Sebagai Anggota KPPS

62 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Sejumlah Agenda telah disiapkan KPU untuk menyukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres_red;) dan Pemilihan Legislatif (Pileg_red;). Dari Perakitan surat suara hingga rencana perekrutan anggota KPPS.

Dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU_red;). Agenda kegiatan KPU ini disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat Rustang saat menjadi narasumber dalam acara Dialog Publik memperingati Hari Pers Nasional ke 73 yang digelar oleh organisasi kewartawanan Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS_red;) dengan tema “ Mengawal Pesta Demokrasi 2019 Demi Kemajuan Pembangunan”.

Saat ini, KPU sedang dalam tahapan Pelipatan surat  suara di tingkat Nasional dan kampanye. Untuk di Sulawesi barat sendiri, Surat Suara Insya Allah akan di cetak di Bulan Maret mendatang”, ucap Rustang.

Lebih lanjut Rustang menyampaikan jika saat ini, KPU Sulbar masuk pada tahapan perakitan kotak suara.

Bicara soal agenda KPU kedepan, Rustang menyampaikan bahwa nantinya akan ada pembentukan KPPS. 27.048 orang akan direkrut sebagai anggota KPPS yang nantinya akan ditempatkan di 3.864 TPS yang ada di seluruh wilayah di Sulawesi Barat.

“Nanti kita akan membentuk KPPS untuk 3.864 TPS di Sulbar dikali 7 maka sekitar 27.048 orang yang akan kami rekrut sebagai anggota KPPS. Syaratnya mudah, tidak perlu Ijasah, tidak Perku berpendidikan, cukup dia punya surat pernyataan bisa Membaca dan Menulis, bisa jadi anggota KPPS”, Ungkap Mantan Ketua Panwaskab Mamuju Tengah itu.

Dalam kegiatan tersebut, Rustang juga sempat menitipkan harapnya kepada seluruh insan pers yang ada di Sulawesi Barat utamanya yang ada di Mamuju untuk mengawal seluruh tahapan Pemilu ini dan menjaga netralitas serta perimbangan dalam pemberitaan agar masyarakat yang menerima informasi yang disampaikan dapat tercerahkan dan dapat meningkat kepercayaan masyarakat terhdap penyelenggara Pemilu.

Menutup pemaparannya dalam kegiatan dialog tersebut, Rustang juga sempat berpesan kepada seluruh masyarakat dan jurnalis untuk tidak segan-segan melaporkan jika ditemukan bukti ketidak netralan dari penyelenggara agar bisa langsung ditindak. // **JUDISTIRA.

Posting Terkait