Kurangnya Sarana Prasarana Dan Petugas Lapangan Jadi Kendala Pencapaian target KB Baru Di Mateng Dan Polman

143 views

Mamuju, Potretrakyat.com; – Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng_red;) dan Polewali Mandar (Polman_red;) menjadi daerah terendah capaian peserta KB baru (PB) per mix kontrasepsi per kabupaten sampai dengan bulan November 2018.

Dimana Kabupaten Mateng hanya mencapai 41.1 %, sedangkan Kabupaten Polman 49.02 % peserta KB baru per mix kontrasepsi sampai dengan bulan november ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat Dra. Hj. Andi Ritamariyani, M.Pd saat press release di kantor Perwakilan BKKbN Sulbar. Kamis, (20/12/18).

“Minimnya sarana dan prasarana menjadi kendalan, khususnya Mateng masih banyak wilayah yang aksesnya sulit untuk dijangkau oleh petugas lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Kepala Perwakilan, “Sedangkan untuk Kabupaten Polewali Mandar, terkendala dengan minimnya Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)”.

Andi Rita menuturkan khusus di Polman, satu (1) PLKB bisa menangani 8 sampai 9 desa, belum lagi diperparah dengan kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh PLKB masih rendah.

“Sepanjang tidak ada dukungan dari pemerintah daerah akan seperti itu capaiannya, karena tenaganya kurang ditambah lagi SDM nya,” pungkasnya. J4b // *JM.

Posting Terkait