Mahkamah Agung India Melarang Cerai Talak Tiga

264 views

INDIA,POTRETRAKYAT.COM-Para aktivis hak-hak perempuan di India bersukacita. Mahkamah Agung India memutuskan kalau perceraian dengan hanya menyatakan “talak” tiga kali alias talak tiga tidak konstitusional. Dalam keputusan mayoritas 3 banding 2, MA menyebut praktik talak tiga tidak Islami. Mereka pun melarang perceraian seperti itu.

India adalah satu dari segelintir negara yang memungkinkan seorang pria Muslim menceraikan istrinya dalam beberapa menit dengan hanya mengucapkan kata talak (cerai) tiga kali.

Kasus talak tiga ini diajukan oleh lima wanita Muslim yang telah bercerai dengan back-up dua kelompok hak asasi manusia. Kelima janda itu bercerai dengan kalimat talak tiga kali.

”Wanita Muslim di India telah menderita selama 70 tahun terakhir. Ini adalah hari bersejarah bagi kami. Namun, ini tidak berakhir di sini. Saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa banyak wanita India telah mendukung kami, terlepas dari agama mereka,” kata Zakia Soman, seorang aktivis Bharatiya Muslim Mahila Andolan, salah satu kelompok yang memperjuangkan isu ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kasus pria Muslim di India yang menceraikan istri mereka hanya dengan mengatakan talak tiga. Parahnya, itu kadang tidak dilakukan secara face to face. Melainkan melalui surat, telepon, dan semakin sering, melalui WhatsApp atau Skype.

Para hakim di MA menyebutkan kalau talak tiga “tidak Islami, sewenang-wenang. dan tidak konstitusional.” ”Talak tiga bukanlah bagian penting dari Islam dan tidak mendapat perlindungan,” kata salah seorang hakim, Kurien Joseph. (*)

(tia/Daily Mail/JPC)

banner 468x60)

Posting Terkait