Manfaat Puasa Zulhijah untuk Kesehatan

173 views

JAKARTA,POTRETRAKYAT.COM-Menjelang puncak ibadah haji atau Hari Raya Idul Adha, puasa Zulhijah (Dzulhijjah) jadi sunah yang sayang dilewatkan. Selain bisa mendatangkan pahala, ikut berpuasa setidaknya sehari pada tanggal 8 atau 9 Zulhijah bisa berdampak positif pada kesehatan.

Dampak positif dari berpuasa untuk kesehatan ini akan lebih luar biasa lagi dirasakan jika dilakukan secara berkala, dengan puasa sunah lainnya yang dianjurkan.

Manfaat pertama dari puasa sehari, menurut Livestrong, adalah membakar lemak. Sementara makanan memberi tubuh Anda energi, mengurangi frekuensi makanan sesekali akan mendorong tubuh untuk membakar lemak yang tersimpan sebagai energi.

Baca juga: Pakar Buktikan Manfaat Diet yang Mirip Puasa Senin-Kamis

Dikutip pada Rabu (23/8/2017), beberapa penelitian yang mendukung saran ini di antaranya studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Studi tersebut menemukan bahwa berpuasa setiap hari meningkatkan level pembakaran lemak.

Orang-orang yang berpartisipasi dalam studi puasa satu hari tersebut setelah didata mampu membakar 15 gram lemak lebih banyak setiap hari, atau setara dengan 135 kalori.

Manfaat lain dari ikut puasa sehari di Dzulhijjah, yang bisa diikuti puasa sunah lainnya secara rutin, adalah memicu sensitivitas insulin. Asupan makanan mempengaruhi kadar hormon yang ditunjukkan beberapa penelitian dapat bermanfaat bagi tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Fisiology edisi Desember 2005, menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan perbaikan sensitivitas insulin yang memicu perbesaran otot dan menghindari kegemukan.

Baca juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
(wdw/up)

Posting Terkait