Mervie Parasan; Masih Banyak Potensi PAD Yang Bisa Digali, Untuk Memaksimalkan Pendapatan

8 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Dalam sepuluh tahun terakhir Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mamuju tak pernah mencapai target.

Hasil kajian Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pemkab Mamuju 2019, menunjukkan bahwa terdapat sejumlah aset yang berpotensi mendongkrak PAD namun tidak dioptimalkan.

Penyebabnya macam-macam, antara lain kebocoran, dukungan regulasi dan sikap abai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena itu, hanya beberapa OPD yang bisa merealisasikan target PAD sampai 100 persen.

Ketua Pansus LKPj, Yani Baharuddin menyebutkan, beberapa OPD yang dianggap kurang optimal merealisasikan PAD seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

“Dishub masih perlu mengoptimalkan retribusi perparkiran. Tetapi harus ditunjang dengan sarana prasarana dan regulasi,” kata Yani, di Gedung DPRD Mamuju. Rabu, (27/5/2020).

Wakil Ketua Pansus LKPj, Mervie Parasan menyebutkan, “Masih banyak potensi-potensi PAD yang bisa digali untuk memaksimalkan pendapatan”.

Salah satu yang disebut adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bupati Mamuju, Habsi Wahid, mengatakan realisasi PAD tahun 2019 sebesar 96,06 persen termasuk tinggi dalam sepuluh tahun terakhir.

Habsi mengaku akan melakukan evaluasi dan merumuskan kebijakan yang tepat untuk mendorong optimalisasi sehingga PAD mencapai target.

“Selain merumuskan regulasi juga akan melakukan monitoring kepada wajib pajak, utamanya hotel dan restoran,” pungkas Habsi.// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait