Pemerintah Kecamatan Kalumpang Kembali Menegaskan Penggunaan Alat Keselamatan Bagi Pengguna Klotok

36 views

Mamuju, Potretrakyat.com;Pemerintah Kecamatan Kalumpang memberikan penegasan terkait penggunaan baju pelampung sebagai alat keselamatan bagi para pengguna Klotok. Minggu, (12/1/2020).

Kejadian kecelakaan sungai yang terjadi beberapa waktu lalu di sungai Karama tepatnya Dusun Kaluttun Desa Tumonga, Kecamatan Kalumpang pada Hari senin sore, (6/1/20) mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Ada yang bertanya-tanya tentang apa saja tindakan pihak pemerintah setempat dalam upaya pencarian korban serta mengantisipasi kejadian tersebut terulang kembali.

Untuk menjawab pertanyaan sebagian masyarakat terkait kejadian laka sungai tersebut, Camat Kalumpang Abram, S.IP., selaku pihak pemerintah kecamatan, melalui laman media potretrakyat.com mengatakan, pada saat mengetahui kejadian laka sungai tersebut, keesokan harinya pihak pemerintah kecamatan, bekerjasama dengan pemerintah desa setempat, POLRI, TNI, BPBD dan Masyarakat langsung melakukan pencarian terhadap korban hingga ditemukan, meskipun pada saat ditemukan korban sudah dalm keadaan tidak bernyawa.

( Baca: https://www.potretrakyat.com/polsek-kalumpang-dan-warga-setempat-lakukan-pencarian-korban-tenggelam-di-sungai-karama/ )

Lebih lanjut ditegaskan olehnya, bahwa sebagai bentuk perhatian pemerintah kecamatan terhadap keselamatan warganya yang sebagian besar masih menggunakan jasa perahu penyeberangan sungai (Klotok_red;) sebagai satu-satunya alat transportasi penghubung antar desa, pada tanggal 12 April 2019 lalu, Pemerintah dan aparat kecamatan Kalumpang telah menyerahkan baju pelampung kepada para pemilik Klotok dan mewajibkan penggunaan baju pelampung sebagai alat keamanan kepada seluruh penumpang klotok serta telah melakukan kesepakatan tarif alat transportasi sungai atau klotok di kecamatan Kalumpang.

( Baca: https://www.potretrakyat.com/tripika-kecamatan-kalumpang-dan-pemilik-klotok-satu-suara-demi-keselamatan-masyarakat-pengguna-jasa-klotok/

https://www.potretrakyat.com/kesepakatan-bersama-tripika-kecamatan-kalumpang-dengan-pemilik-klotok/ ).

“Selenjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak OPD terkait yakni Dinas Perhubungan untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap kelayakan alat transportasi klotok yang digunakan dan kami akan memasang rambu-rambu lalu lintas transportasi klotok dari Kalumpang sampai karama dengan menentukan titik-titik mana saja dari Kalumpang hingga Karama yang bisa menjadi tempat untuk menurunkan penumpangnya, sehingga pengguna alat transportasi ini akan merasa lebih aman,” ungkap Abram.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, namun karena mengingat jalur sungai di wilayah ini terbilang cukup ektrim dan telah banyak memakan korban jiwa setiap tahunnya.// ** Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait