Pentingnya Imunisasi Measles Rubella pada Anak

118 views

MAMUJU,POTRETRAKYAT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Lokakarya Strategi Komunikasi untuk Kampanye Measles Rubella (MR) di Maleo Town Square, Sabtu (28/07/18).

Lokakarya yang dilaksanakan Dinkes Sulbar berkerja sama dengan Univeristas Hasanuddin dan didanai oleh UNICEF untuk mencegah virus campak dan rubella terhadap anak sejak dini.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan Virus Campak dan Rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Adapun kampanye imunisasi MR ini akan dilaksanakan selama bulan Agustus dan September 2018. Dimana pada bulan Agustus pelaksanaanya di 3.389 sekolah (Paud/TK, SD/MI,SLTP) dengan sasaran 299.624 dan pada bulan September pelaksanaannya di 2.510 pos pelayanan (Posyandu, RS, Klinik dan pos lainnya) dengan sasaran 98.299.

Kapala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, dr Ahmad Azis yang menjadi pemateri sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, imunisasi MR memiliki banyak dampak terhadap kesehatan anak kedepannya.

“Imunisasi ini dapat meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi campak dan rubella, menurunkan angka kesekatin karena campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian Congenital Rubella Symdrome,” katanya.

Selain itu, imunisasi MR juga dapat menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) dengan menggunakan Vaksin.

Kadis Kesehatan juga mengayakan, kegiatan kampanye imunisasi MR ini merupakan Fase yang kedua, dimana Fase pertama sudah dilakukan di pulau Jawa.

“Fase pertama itu di pulau Jawa dengan sasaran mencapai 35.000.000, sedangkan fase kedua diluar pulau Jawa dengan melibatkan 28 provinsi dengan target sasaran 32.000.000,” jelasnya.

Maka dari itu ia mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memperbaiki kehidupan anak bangsa kedepannya.

Vaksin imunisasi MR juga sudah mendapatkan rekomendasi dari pusat kesehatan dunia World Health Organization (WHO), untuk melawan penyakit campak dan rubella.

“Penyakit seperti Tuberculosis, Difertri, Tetanus, Polio, Campak dan Rubella bisa diselamatkan dengan imunisasi. Vaksin imunisasi ini wajib, karena untuk memperbaiki kehidupan anak bangsa,” ujarnya.

Maka dari itu dirinya mengajak seluruh pemda di Sulbar dan masyarakat untuk menyukseskan kampanye imunisasi MR ini.

“Jadi diharapan kita mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, diharapkan semua sasaran dapat tercapau, tanpa ada yang terlewati dan juga bagi masyarakat untuk menyadari pentingnya imunisasi MR ini bagi anak mereka” pungkasnya. (ru)

Posting Terkait