Perigatan Hari Sumpah Pemuda, Aliansi Pemuda Dan Mahasiswa Turun Ke Jalan

130 views

MAMUJU,POTRETRAKYAT.COM-Peringati Hari Sumpah Pemuda ,Puluhan Pemuda Mengatas Namakan Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Sulbar,menggelar demosterasi di depan Kantor Mapolda Sulawesi Barat (Sulbar). Kamis 27 Oktober 2017.

Dimana dalam sejarah perjuangan kemerdekaan,pemuda sangat berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan,atas penjajah kolonial Belanda , Inggris dan Jepang di Indonesia.

Namun gerakan perlawanan yang telah di lakukan,hanya lah bersifat kedaerahan sehingga kerap kali terpatahkan oleh perlawanan penjajah.

Dikesempatan itu, Ketua PMII Cabang Manakarra Wais Walkorni menyatakan,ini bentuk perlawanan kami terhadap pemerintah,yang saat ini pemerintah belum dapat menyelsaikan apa yang menjadi harapan masyarakat Sulbar.

” Kami meminta kepada pemerintah,untuk segerah mengembalikan ha-hak kami. Kami pemuda butuh wadah,ruang untuk mengembangkan bakat dan sumber daya manusia,pemuda pemuda di Sulbar,terkusus di Kabupaten Mamuju.” Ungkap-nya

Ia juga menambahkan,seiring dengan bergeraknya zaman,ini adalah perjungan melawan sesama bangsa kita. Dimana elit- elit politik yang berkerjasama dengan para pemilik modal,Asing atau Prusahaan- prusahaan trans coorporation,yang telah mengeruk kekayaan sumber alam lokal Sulbar,dengan berbagai macam model investasi baik itu di sektor kehutanan,perkebunan,dan pertambangan yang menjadi fungsi lahan,dari lahan pertanian menjadi lahan industri.

Di momentum hari sumpah pemuda, Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Sulbar, di antaranya PMII,FPPI,GMNI,BEM POLTEKES,IPMA MATRA, dan HIPERKAM,untuk melaksanakan tuntutan aksinya yaitu:

1.Tegakkan supermasi hukum
2.Wujudkan kedaulatan pangan
3.Tuntaskan kasus konflik agraria
4.Tolak pengelolaan tambang oleh pihak asing
5.Hentikan pemberian izin kepada prusahaan coorperation asing
6.Renegosial ulang prusahaan trans nasional
7.Stop tindakan refresif terhadap mahasiswa dan pers
8.Tingkatkan pelayanan kesehatan
9.Tingkatkan tenaga pendidik
10.Stop komersialisasi dan kapitalisasi pendidikan
11.Pertegas kinerja satgas saber pungli
12.Perjelas visa tenaga kerja asing di PLTU Belang Belang
13.Percepatan pembangunnan Rumah Sakit jiwa di Sulbar
14.Utamakan penyelamatan pasien daripada administrasi
15.Totak prusahaan sawit di Desa Kambunong
16.Stop ilegal fishing di Sulbar
17.Stop alih fungsi lahan pertanian
18.Percepat pelaksanaan reforma agraria di tanah malaqbi (Irman)

Posting Terkait