Polresta Mamuju Siap Amankan Nataru Lewat Operasi Lilin Siamasei 2020

3 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Jelang Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Polresta mamuju Turut Serta Dalam Apel Gelar pasukan Yang di selengarakan Oleh Polda Sulawesi Barat di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju. Senin, (21/12/2020).

Apel tersebut merupakan kegiatan serentak kepolisan mulai dari tingkat mabes hingga polres, Dalam Apel Gelar pasukan, Amanat Kapolri di Bacakan oleh Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurna selaku inspektur Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Siamasei 2020

Salah Satu amanat Kapolri Yang di bacakan Oleh Kapolda Sulbar “Apel Gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan Akhir kesiapan pelaksanaan Ops Lilin Dalam rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Baik Pada Aspek personil maupun keterlibatan Unsur Stake Holder seperti TNI, Dishub, Satuan Polisi Pamong Praja, Tim Kesehatan dan Instansi lainnya.

Kapolresta Mamuju Kombes Pol. Minarto Turut Hadir Pada pelaksaan Apel tersebut menjelaskan secara Rinci Kesiapan-Kesiapan Polresta mamuju Dalam menghadapi kegiatan Natal dan Tahun Baru 2021, Menurutnya segala potensi gangguan kamtibmas sudah dideteksi, sudah di maping dan siap diantisiapasi

“Polresta mamuju nantinya akan siagakan 2 Pos Pengamanan Dalam Kota mamuju, kemudian ada Pos Arus lalu lintas yakni di Bandara Tampa padang, Pelabuhan Feri simboro, dan Pos Terminal Simbuang, Ditambah Personel khusus untuk Pengamanan di 9 Gereja di Mamuju,” Ucap Kapolresta mamuju Kombes Pol Minarto.

Ops Lilin Akan dilaksanakan selama 15 Hari, Mulai 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan prepentif, Preemtif Yang humanis dengan mengedepankan dan Menerapkan Prokes Guna mencegah Penyebaran Covid -19

Kapolresta mamuju mengatakan bahwa sebelumnya Polisi sudah melakukan kordinasi, melengkapi data, membuat pemetaan kerawanan kamtibmas dan membuat perencanaan mengantisipasi potensi kerawanan dalam pelaksaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

“Kita Akan penempatan sejumlah personel di Pos-Pos keamanan Yang di Back Up Oleh sejumlah Instansi terkait, Baik Itu TNI, Satpol Dan Kesehatan, Kemudian di daerah Rawan Macet dan kecelakaan Kita siapkan Personel satuan Lalu lintas, Juga Untuk setiap gereja Yang melaksanakan Natal akan di Jaga oleh Tim Pengamanan dari Polresta dan instansi lainnya,” Ujar Kapolresta.

Operasi Lilin merupakan operasi terpusat, secara keseluruhan Polri pempersiapkan 83.973 personil, 15. 842 Personil TNI, 52.806 instansi terkait lainnnya, Didalamya sudah termasuk 393 Personel Polda Sulbar, dan untuk Polresta mamuju menyiagakan 69 Personel yang dibagi untuk pengamanan 9 gereja dimamuju, serta 43 Personel disiagakan untuk POS pengamanan Objek Vital dan Pos Pengamanan Arus Lalu lintas.

Pengamanan tidak boleh dianggap sebagai kegiatan rutinitas tahunan biasa, sehingga cenderung under estimate dan kurang waspada, kepedulian sesama harus lebih dibangun, termasuk peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, sehingga kegiatan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Tidak menimbulkan Klaster-Klaster Baru penyebaran Covid-19.

Berdasarkan maping kerawanan yang telah dilakukakan ada beberapa prediksi gangguan Kamtibams yang perlu di waspadai di antaranya ancaman terorisme dan radikalisme, Ancaman sabotase , penyaluganaan Narkoba, Pesta miras, aksi kriminalitas pengrusakan fasilitas umum, tawuran antar masyarakat, tawuran antar pemuda, kemacetan Lalu Lintas dan kecelakaan Lalin, banjir dan tanah longsor yang diakibatkan oleh hujan.

Olehnya polresta Mamuju dituntut untuk mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efesien dalam rangka mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteriksik yang ada diwilayah kota Mamuju.

Seluruh Masyarakat Diharapkan dapat membantu aparat untuk meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminilitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

“Kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat mamuju agar bisa kerjasama Untuk menjadi teladan bagi keluarga dalam menerapkan Prokes untuk mencegah Penyebaran Covid-19, terutama saat pelaksanaan kegiatan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021” Tutup Kapolresta mamuju Kombes Pol Minarto.// Rls. Humas Polresta Mamuju// **Judistira.

banner 468x60) banner 468x60) banner 468x60)

Posting Terkait