Polri Dan Kemensos Kerjasama Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial

100 views

Mamuju, Potretrakyat.com: –Untuk lebih memaksimalkan penyaluran bantuan sosial yang dilakukan oleh Kementerian sosial setiap tahunnya, maka pada Jumat, (11/01/2019), Kementerian sosial dan kepolisian negara Republik Indonesia melakukan penanda-tanganan kerjasama dalam Penanganan keamanan Penyaluran bantuan Sosial kepada masyarakat.

Penanda-tanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi H. Muh. Tito Karnavian dengan menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan disaksikan oleh perwakilan dari Komisi VIII DPR-RI serta para Pejabat terkait didaerah-daerah lewat Video Conference. Untuk di Sulawesi Barat, kegiatan Vidcon digelar di ruang Vidcon Polda Sulbar dan dihadiri oleh Gubernur Ali Baal Masdar, Kadis Sosial Provinsi Sulbar, serta Koordinator wilayah bidang Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.

Dijelaskan oleh Gubernur Sulbar, bhawa kerjasama ini dilakukan agar supaya dalam penyaluran bantuan sosial ini lebih terencana, terkoordinir dengan baik, tepat sasaran serta mengurangi indikasi-indikasi kecurangan yang dapat terjadi dalam penyalurannya.

“Penanda-tanganan kerjasama ini dilakukan agar supaya nanti dalam penyaluran bantuannya akan bisa dikoordinir dengan baik, tepat sasaran (Tidak kemana-mana), dan juga bisa mengurangi indikasi kecurangan yang sering terjadi pada saat penyalurannya (ada yang tidak layak untuk dapat tapi masih dapat, sedangkan yang seharusnya dapat, malah tidak dapat)”, ungkapnya.

Gubernur yang lebih akrab dipanggil ABM ini juga menambahkan, “Ini nanti dalam proses dari awal Perencanaan, Pelaksanaan penyaluran hingga masuk pada tahap evaluasi kegiatan nantinya akan diawasi oleh Pihak Kepolisian”.

Dalam kesempatan yang sama pula, Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Baharuddin Djafar juga mengungkapkan bahwa akan mendukung Sepenuhnya Program kerjasama ini sesuai dengan instruksi dari Pimpinan dan akan bertindak tegas jika ditemukan adanya tindakan Pidana yang dilakukan.

“Kami Polda Sulbar akan mendukung sepenuhnya Program Kerjasama ini sesuai instrkusi yang diberikan pimpinan dan kami akan tegas dalam menindak jika ditemukan adanya tindakan Pidana. Kalo ada tindakan pidana yang terjadi kami Tindak…” Tandas Kapolda.

Untuk diketahui, Perjanjian kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Polri ini akan berlangsung selama 5 tahun dan akan diperpanjang terus sesuai dengan kesepakatan bersama kedua belah pihak. // *JM.

Posting Terkait