Profil Singkat Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno, Pemegang Tongkat Estafet Polda Sulbar

8 views

Mamuju, Potretrakyat.com; – Baru-baru ini Kepolisian Republik Indonesia kembali mengeluarkan mutasi besar-besaran, beberapa Perwira Tinggi, Menengah dan jajarannya kebawa di Rolling demi kepentingan organisasi untuk penyegaran sekaligus pembinaan karir.

Dari ratusan nama yang terdaftar dalam mutasi, nama Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno (52) jenderal polisi bintang satu resmi menjabat Kapolda Sulbar yang ditetapkan sejak tanggal 3 Februari 2020 menggantikan Brigjen. Pol. Drs. Baharudin Djafar, M.Si.

Sebelumnya beliau (Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno_red;) mengemban amanat sebagai Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri). Eko Budi Sampurno Lahir di Jakarta, pada tanggal 18 Desember 1967.

Berdasarkan Profilnya, Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno sangat berpengalaman di Bidang Reserse, Lulus Akademi Kepolisian tahun 1989 ini bahkan pernah menangani kasus besar salah satunya kasus Gayus Tambunan dan berhasil menuntaskannya dengan baik.

Meski beliau pernah dikabarkan terbawa dalam perkara suap penyelidikan Gayus Tambunan oleh Susno Duadji tapi kabar tersebut dibersihkan dengan kesaksian di salah satu sidang, yaitu Mohammad Arafat Enanie bersaksi bahwa Haposan Hutagalung pernah membawa Rp 50 juta kepada Eko, namun Eko menolak mentah-mentah karena menganggap suap tersebut sebagai penghinaan.

Konsesistensi dan profesionalismenya menjalankan tugas membuat dirinya tetap mendapat kepercayaan Pimpinan Tinggi Polri pada saat itu, hingga mendapatkan karirnya sebagai Kapolda Sulbar saat ini.

Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno juga pernah menjadi Kapolres Garut dan Penyidik Utama Tipidter yang saat itu diangkat oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Susno Duadji.

Selain itu, prestasi lainnya adalah namanya pernah disebut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane sebagai salah satu perwira muda yang masuk dalam tim pemikir Tito Karnavian dalam menghadapi pengusulan dirinya menjadi Kepala Polisi Republik Indonesia.

Tak hanya itu, selama karirnya di Kepolisian beliau dikenal sebagai taruna yang cerdas. Terbukti dari peringkatnya sejak masuk Akabri 1989 hingga Sespimti 2014 selalu menduduki peringkat 10 besar. Hal ini menandakan IQ diatas rata-rata.

Sehubungan dengan jabatan yang dipercayakan kepada dirinya sebagai Kapolda Sulbar, Brigjen. Pol. Eko Budi Sampurno melalui Kabid. Humas polda Sulbar menyatakan kesiapannya melanjutkan estafet kepemimpinan di Sulbar. Selain itu, pihaknya meminta seluruh pihak disulbar dapat menjaga sinergitas yang telah dibangun oleh Kapolda sebelumnya demi keamanan dan ketertiban yang tetap kondusif.

Kami harapkan kerjasama dan bimbingan seluruh pihak di Sulbar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sulbar,” tuturnya.// Rls. Humas Polda Sulbar// **Judistira.

Posting Terkait