Program “PATEN Masuk Desa”, Akses Masyarakat Kecamatan Kalumpang Untuk Lebih Dekat Dengan Pemerintahnya.

262 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Bertempat di Kantor dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju, Pemerintah kecamatan Kalumpang dalam hal ini camat Kalumpang Abram S.IP dengan Kepala dinas (Kadis) Dukcapil Kab. Mamuju Agung Pattola M. Lazim, S.IP sepakat melakukan kerjasama Program PATEN (Pemerintah Kabupaten) Masuk Desa. Pada hari selasa, (24/07/2018).

Untuk Meningkatkan Pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pemerintah kecamatan Kalumpang melakukan kerjasama dengan dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Mamuju lewat program kerja PATEN.

Program kerja ini merupakan program yang sudah lama ada di kecamatan Kalumpang, namun sempat vakum dan kini kembali digairahkan oleh pemerintah kecamatan melalui camatnya Abram S.IP,.

” Program kerjasama ini kembali kami jalankan mengingat letak geografis kecamatan Kalumpang yang sangat sulit ditempuh oleh masyarakat. Bayangkan saja ada desa yang jaraknya ke kecamatan untuk menyelesaikan urusan dikecamatan saja, masyarakat harus mengeluarkan anggaran sekita 600 sampai dengan 800 ribu rupiah apalagi harus ke Kabupaten pasti harus mengeluarkan biaya sekitar 1 juta sampai 1.5 juta per-sekali jalan. Makanya program ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat Kalumpang dalam mengurus surat-surat kependudukannya, karena mengingat juga bahwa untuk perekaman KTP-EL, kecamatan Kalumpang masih 70% dan masih ada sekitar 30% warga Kecamatan Kalumpang yang belum melakukan perekaman KTP-EL,” ucap Abram.

Program pelayanan Paten Masuk Desa ini juga adalah salah satu tindak lanjut dari program kerja Bupati  Mamuju yaitu SAHABAT RAKYAT (Sehari Lebih Dekat Rakyat).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Abram bahwa program Paten ini merupakan program jemput bola dari pemerintah kecamatan dan pemkab. Mamuju ke masyarakat khususnya dalam menyelesaikan semua pengurusan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Ini merupakan program jemput bola yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan kabupaten dalam menyelesaikan seluruh permasalahan kependudukan masyarakat Kecamatan Kalumpang. Jadi nanti mekanismenya, kita akan mendatangi langsung masyarakat dari desa ke desa di kecamatan Kalumpang dan kemudian mengumpulkan secara kolektif surat- surat kependudukan milik warga yang akan diuruskan, dan yang bisa diselesaikan langsung pada saat itu langsung kita selesaikan namun yang butuh proses kita akan kumpulkan keseluruhannya dan diproses, setelah selesai kita bawa kembalikan ke mereka hasilnya. Jadi nantinya masyarakat tidak perlu mengeluarkan anggaran sedikitpun dalam pengurusan  itu”, ungkap Camat yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Bidang Informasi dan Penerangan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju selama kurang lebih 8 tahun masa jabatan itu.

Menagggapi adanya program Paten Masuk desa ini, kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju mengaju sangat senang dan mengapreaiasi langkah inovatif yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan Kalumpang dalam menyelesaikan persoalan kependudukan masyarakatnya dan membantu penyelesaian target kerja Disdukcapil Mamuju dalam persoalan tersebut serta sekaligus mengejawantahkan program kerja Bupati Mamuju yaitu ‘Sahabat Rakyat’ sampai ke Desa-desa.

 

“Kami sangat senang sekaligus mengapresiasi Program inovatif yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan Kalumpang karena dengan begitu bisa memudahkan kami dalam menyelesaikan target kerja kami dalam persoalan kependudukan serta telah mengejawantahkan program kerja bapak Bupati Mamuju yaitu Sahabat Rakyat ke Desa-desa yang selama ini merasa terisolir,” ungkap Agung Pattola M. Lazim, S.IP, Kadisdukcapil. Kab.Mamuju.

Untuk diketahui bahwa setelah dilakukan penanda-tanganan kerjasama antara Pemeribtah kecamatan Kalumpang denga Disdukcapil. Kab. Mamuju maka program Paten Masuk desa ini akan langsung dijalankan pada tanggal 25/07/2018 keesokan harinya.// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait