Program ‘Paten Masuk Desa’ Sebagai Suatu Perwujudan Dari Program ‘Sahabat Rakyat’ Milik Pemkab. Mamuju.

746 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Pemerintah kabupaten Mamuju melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipilnya melakukan kerjasama dengan pemerintah Kecamatan Kalumpang dalam menangani masalah tertib administrasi kependudukan diwilayah kecamatan Kalumpang, kabupaten Mamuju lewat program andalan ‘PATEN (Pemerintah Kabupaten) Masuk Desa’.

Sejak dicetuskannya program SAHABAT Rakyat oleh Pemkab. Mamuju, berbagai cara dilakukan oleh seluruh elemen pemerintahan lingkup Pemkab. Mamuju untuk menyukseskan program pemkab tersebut, salah satunya Program ‘PATEN (Pemerintah Kabupaten) Masuk Desa’ yang dicetuskan oleh pemerintah kecamatan Kalumpang lewat kerjasamanya dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju dalam hal menyelesaikan masalah tertib administrasi kependudukan yang ada di Kecamatan Kalumpang.

Mengingat struktur geografis dan keadaan kependudukan Kecamatan Kalumpang yang sangat jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten, maka pemerintah kecamatan Kalumpang lewat Camatnya Abram, S.IP mencetuskan program ‘Paten Masuk Desa’ ini agar supaya masyarakat lebih dipermudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengurus administrasi kependudukannya di kabupaten.

Selain itu juga, program ini merupakan perwujudan dari Program Pemerintah Kabupaten yang dicetuskan oleh Bupati Mamuju Habsi Wahid yaitu SAHABAT RAKYAT (Sehari Lebih Dekat Dengan Rakyat).

“Program Paten Ini dibuat untuk memudahkan masyarakat Kecamatan Kalumpang, terutama yang berada jauh didaerah pedalaman dengan akses yang terbatas untuk mengurus berkas kependudukan mereka tanpa harus membuang biaya besar dalam pengurusannya. Jadi disini kami dari pemerintah kecamatan memfasilitasi masyarakat untuk menyelesaikan urusan kependudukannya dengan cara mendatangkan dinas terkait untuk mengurusnya, istilahnya pemerintah jemput bola (turun langsung ke masyarakat_red;), ucap Camat Kalumpang.

“Hal ini dilakukan mengingat jarak yang jauh yang harus ditempuh oleh masyarakat kami di Kecamatan Kalumpang bisa menghabiskan banyak anggaran dan tenaganya juga hanya untuk mengurus satu atau dua berkas kependudukannya. Disamping itu menurut data perekaman KTP-El bahwa kecamatan Kalumpang masih 70% yang melakukan perekaman KTP-El itu berarti masih ada kurang lebih 30% yang belum melakukan perekaman. Naahh… Dengan cara ini kami berharap bisa efektif dan bisa 100% masyarakat kami bisa menggunakan KTP-El”, harap pak Camat yang sebelumnya sempat menjabat selama kurang lebih 8 tahun sebagai Kepala Bidang Informasi dan Penerangan di Disdukcapil. Kabupaten Mamuju ini.

Lebih lanjut ditambahkan, “Program ‘Paten Masuk Desa’ ini merupakan Perwujudan dari program bapak Bupati yaitu ‘Sahabat Rakyat’ yang sudah mulai digalakkan oleh pemkab. Mamuju.

Dalam kesempatan yang sama, kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) kab. Mamuju saat ditemui usai melakukan penanda-tanganan Kerjasama dengan pemerintah kecamatan mengungkapkan perasaan bangga dan apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan Kalumpang dalam menyelesaikan persoalan kependudukan masyarakatnya hingga nanti diakhir tahun 2018 ini perekaman KTP-El di kecamatan kalumpang bisa mencapai target 100% dan persoalan berkas administrasinya bisa rampung tanpa kendala.// *JM.

banner 468x60)

Posting Terkait