PSI Bersyukur NU Serukan Umat Islam Untuk Tidak Menyebut Non Muslim Sebagai ‘Kafir’

66 views

Jakarta, Potretrakyat.com; -Nahdlatul Ulama (NU-red;) memang hebat. Di akhir Februari ( 28/02/2019) , melalui Musyawarah Nasionalnya, NU menyerukan umat Islam untuk tidak menyebut Non-Muslim sebagai Kafir.

Bagi NU, penyebutan ‘Kafir’ memiliki makna serius. Kata ‘Kafir’ oleh NU dianggap mengandung unsur kekerasan teologis.

Salah seorang pimpinan NU yang juga pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Abdul Moqsith Ghazali, bahkan menyerukan umat untuk memandang Non-Muslim sebagai warga negara yang memiliki status setara dengan Warga Negara yang lain.

“Buat saya dan kawan-kawan di PSI, seruan ini jelas harus disambut dengan rasa syukur dan kebahagiaan tak terhingga” Ungkap Grace Natalie.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, memang ada sejumlah kelompok yang mengkampanyekan gagasan bahwa semua Non-Muslim adalah ‘Kafir’. Mereka berkampanye bahwa semua Non-Islam adalah kalangan yang tidak boleh dianggap menjadi satu keluarga dengan umat Islam, harus diwaspadai, dimusuhi, tidak boleh dijadikan kawan atau bahkan harus diperangi” Lanjutnya.

Kampanye bahwa nonmuslim adalah ‘Kafir’ sudah berhasil memecah-belah bangsa. Padahal tidak kurang dari KH Quraish Shihab, salah seorang ulama terbesar Indonesia, berulangkali mengingatkan bahwa penyebutan ‘Kafir’ dalam Islam bukanlah ditujukan kepada semua Non-muslim. Kata ‘Kafir’ dalam Islam ditujukan pada mereka yang menyerang ajaran-ajaran luhur Islam. Dengan kata lain, bahkan orang muslim pun bisa disebut ‘Kafir’ kalau dia Korupsi, menindas HAM, Memperkosa dan sebagainya. Sebaliknya seorang Non Muslim yang soleh, memperjuangkan kebenaran, tidak Korupsi, Jujur, Berintegritas dan seterusnya sama sekali tidak boleh disebut ‘Kafir’.

Dengan hasil Munas tersebut, NU menjadi organisasi Islam pertama yang dengan tegas menentang gagasan bahwa Non-muslim adalah ‘Kafir’.

“NU adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Karena itu pernyataannya menjadi sangat penting bagi masa depan Indonesia”, tutup Ketua Umum PSI.

Terimakasih NU.

 

#GraceNatalie #PSI11

Dikutip dari Laman WAG Relawan Jokowi Center.

 

// **JUDISTIRA.

Posting Terkait