RDP Pemkab Dengan DPRD Mamuju Kembali Menemui Jalan Buntu

9 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang refocusing anggaran terus berlarut-larut. Legislator ngotot menghadirkan bupati, sehingga RDP menemui jalan buntu. Sekda Mamuju, Suaib Kamba bersama 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir dalam RDP di ruang paripurna DPRD Mamuju. Rabu, (17/6/2020).

Namun 17 orang anggota dewan termasuk unsur pimpinannya yang hadir, menolak melanjutkan rapat tanpa kehadiran bupati.

Wakil Ketua DPRD Mamuju, Andi Dody Hermawan, yang memimpin RDP tersebut mengusulkan agar refokusing anggaran dibuatkan panitia khusus (Pansus).

“Rapat ini tidak kunjung menuai hasil. Apakah sebaiknya dibuatkan pansus?,” tanya Dody dalam rapat yang berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRD Mamuju.

Ketua Komisi I DPRD Mamuju, Sugianto, menyampaikan persetujuan jika masalah tersebut dibuatkan pansus.

 

Sugianto, mempertanyakan data penerima bantuan dalam data sebanyak 23.000 paket. Sugianto menilai ada kejangalan. Ia mengaku mendapat informasi bahwa jumlah paket sembako untuk masyarakat sebanyak 23.500 paket.

“Kenapa bisa ada perbedaan, eksekutif harus bisa menjelaskan ini. Termasuk beberapa program yang direfocusing. Setelah membaca data saya pikir Pemkab Mamuju terkesan pilih kasih,” papar Sugianto.

Ketua Komisi III DPRD Mamuju, Masramjaya mempertanyakan apakah program yang telah direfocusing bisa dikembalikan.

“Saya yakin akan ada program di OPD yang layak dihapus, tapi tidak dihapus karena itu titipan. Saya berani taruhan,” kata Masramjaya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappepan) Mamuju, Khatmah Ahmad menjelaskan, adanya penambahan data penerima sembako dari 23.000 menjadi 23.500 itu karena ada data susulan dari kecamatan.

“Setelah penyaluran tahap awal, ternyata ada lagi data susulan sebanyak 500,” ujar Khatma.

Saling lontar pendapat berlangsung hingga pukul 13.00 Wita. Dan RDP untuk kelima kalinya itu berakhir tanpa keputusan apa-apa.

Untuk 17 anggota dewan yang hadir masing-masing, Andi Dody Hermawan, Sugianto, Masramjaya, Mervie Parasan, Febrianto Wijaya, Ramliati S Malio, Abdul Malik Ballako, Nazaruddin Ahmad, Dahlan, Yudiaman Firusdi, Asdar, Yani Baharuddin, Hapsa Wahid, Ariani, Muhdar, Idrus Arifin dan Andi Zul Fahmi Hermawan.

Sedangkan 13 orang yang tidak masing-masing, Azwar Anshari Habsi, Syamsuddin Hatta, Muhammad Reza, Safriansyah Eko Putra Setiawan, Windi Putra Philips, Muhammad Fadli, Ferly Sepponanna, M. Imran AB, Muh Fadly, Ado Mas’ud, Suhartono dan Sugianto.// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait