Satgas TMMD 109 Bekerjasama Bhabinkamtibmas Desa Saloandeang Gelar Penyuluhan Hukum

4 views

Mateng, Potretrakayat.com; -Kegiatan penyuluhan hukum dan kamtibmas dalam rangka satgas TMMD Kodim 1418/Mamuju bertempat di desa Saloandeang, Kecamatan Tobadak, Mamuju tengah. Senin, (19/10/2020).

Pada penyelenggaraan satgas TMMD ke 109 di desa Saloandeang selain mengerjakan sasaran fisik tetapi juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan kepada masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan terhadap masyarakat terhadap nilai kebangsaan Indonesia.

Dalam kesempatannya satgas TMMD memberikan penyuluhan kepada masyarakat bekerjasama dengan babinkamtibmas setempat terkait dengan pemahaman tentang hukum.

Brigpol. Hamzah (babinkamtibmas desa Saloandeang) selaku narasumber dalam kegiatan ini, memberikan pemahaman kepada warga yang hadir bahwa, Pengertian Kamtibmas adalah keamanan dan ketertiban masyarakat yang merupakan suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu persayarat terselenggaranya proses pembangunan Nasional. Dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum sehingga tercapai serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam rangka menangkal, mencegah, serta menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum serta bentuk-bentuk lainnya yang meresahkan masyarakat.

“Setiap warga Negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum maupun Pemerintahan. Terhadap siapapun yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan menyadari arti pentingnya fungsi hukum bagi kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, maka Pemerintah menyelenggarakan pembinaan terhadap semua unsur-unsur hukum,” katanya.

“Kesadaran akan perlunya pembinaan hukum dikarenakan berkembangnya pemikiran bahwa hukum baru akan mulai efektif apabila masyarakat telah mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan hukum secara konsisten,” tutup Brigpol. Hamzah.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian satgas TMMD kepada masyarakat terhadap kurangnya pemahaman terhadap hukum dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kapten inf Muhtar Danramil 1418-04/Budong-Budong mengharapkan agar kegiatan penyuluhan ini dapat membawa manfaat dan menambah wawasan dengan adanya pemahaman atau penyuluhan masalah hukum dan ketertiban bermasyarakat khususnya untuk masyarakat Saloandeang dan warga transmigrasi agar lebih paham dan mengerti adanya aturan-aturan yang berlaku di Indonesia ini dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bripka Narto selaku satreskrim Polsek Tobadak dan kepala desa Saloandeang, Latigo serta para undangan masyarakat lainnya.// Rls// **Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait