Sekertaris KPU Provinsi Dijadikan Tahanan Kota Oleh Kejari Mamuju

76 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Berkas Perkara kasus Alat Peraga Kampanye (APK_red;) dilimopahkan ke Kejaksaan Negeri Mamuju, Tersangka dilakukan penahanan Kota Oleh pihak Kejaksaan Negeri.

Berkas Perkara kasus APK yang bergulir sejak tahun 2016 lalu kini telah di limpahkan oleh Kejaksaan Tinggi Sulselbar ke Kejaksaan Negeri Mamuju Pagi tadi. Menurut Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Tipidsus_red;) Kejari Mamuju Cahyadi Sabri, S.H, M.H mengatakan;

“Pagi tadi Pihak Kejaksaan Tinggi Sulselbar Telah menyerahkan berkas perkara bersama dengan tersangka tindak Pidana Korupsi APK dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Tahun Anggaran 2016 kepada Pihak Kejaksaan Negeri Mamuju untuk melanjutkan ke tahap Penuntutan,” Ungkap Cahyadi Saat diwawancarai Media Potretrakyat.com diruang kerjanya.

“Dalam penyerahan berkas dan tersangka tadi pagi, juga turut diserahkan bukti uang pengganti kerugian Negara sejumlah 750 juta rupiah”, Ucapnya.

Kasus yang menjerat sekertaris KPU Provinsi Sulawesi Barat ARS ini disangkakan pelanggaran terhadap pasal 2 Ayat 1 Subsider Pasal 3 Juncto Pasal 18 Ayat Satu Huruf B Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dalam perubahan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 sebagai perubahan dari Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 dengan ancaman hukuman 10 Tahun Penjara.

Untuk persidangannya, Kejari Mamuju menunggu proses pelengkapan berkas Administrasinya sebelum diajukan ke pengadilan untuk disidangkan. Sedangkan uuntuk tersangkanya sendiri hanya diberlakukan penahanan kota oleh Pihak Kejari dengan alasan yang bersangkutan masih aktif sebagai Sekertaris KPU Provinsi hingga saat ini dan selama proses penyidikan, tersangka sangat kooperatif. Selain itu tersangka juga telah memberikan uang pengganti atas kerugian Negara. // **JUDISTIRA.

Posting Terkait