Sekomandi Dari Kalumpang Menjadi Primadona di Pameran Ekonomi Kreatif Kabupaten Mamuju.

189 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Peringati dua tahun masa kepemimpinan bupati Mamuju Habsi Wahid bersama dengan wakil bupati Irwan SP. Pababari yang jatuh pada tanggal 17 februari, pemerintah kabupaten (Pemkab) Mamuju menggelar acara peresmian galeri PKK serta Pameran Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan di halaman rumah jabatan bupati (Sapota) yang berada dipuncak kota Mamuju atau biasa dikenal dengan Land Mark Mamuju City pada minggu (18/02/2018) pukul 19.30 WITA.

 

Pameran Ekonomi kreatif yang rencananya akan digelar selama 2 hari sejak tanggal 18 sampai dengan 19 februari ini menampilkan kreasi yang kreatif unggulan dari kecamatan- kecamatan yang ada di kabupaten Mamuju.

Baca: http://www.potretrakyat.com/peringati-dua-tahun-masa-bhakti-habsi-irwan-pemkab-mamuju-gelar-pameran-ekonomi-kreatif-dan-resmikan-galeri-pkk/amp/

Salah satu kecamatan yang ikut meramaikan pameran tersebut dan banyak dikunjungi oleh para pengujung pameran adalah stand kecamatan Kalumpang yang sudah sangat terkenal dan bahkan salah satu produk unggulannya sudah menjadi maskot untuk kabupaten Mamuju yaitu kain tenun Sekomandi.

Dengan mengangkat tema “Warisan Leluhur” kecamatan kalumpang mencoba terus menerus mempromosikan produk unggulan mereka tersebut.

Saat wawancara singkat dengan reporter potretrakyat.com disela-sela kegiatan pameran, Camat Kalumpang Abram, S.Ip mengatakan bahwa tema “Warisan Leluhur” yang diusung oleh kecamatan Kalumpang dalam pameran ekonomi kreatif kali ini adalah untuk lebih melestarikan serta mempromosikan warisa leluhur tanah kalumpang ini di mata dunia karena sekomandi adalah merupakan salah satu warisan tertua yang ada di sulawesi.

“Melalui kegiatan ini kami berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah kabupaten untuk membantu mengembangkan ekonomi kreatif di kecamatan Kalumpang yaitu kain tenun Sekomandi yang sampai sekarang masih termasuk produk rumahan (home production) menjadi benar-benar produk unggulan kabupaten Mamuju”, ungkap Abram.

Sekedar untuk diketahui bahwa kain tenun sekomandi adalah salah satu produk asli warisan leluhur daerah kalumpang, Sulawesi barat yang sudah cukup terkenal dan menjadi kebanggaan kabupaten Mamuju. Cara pembuatannya yang cukup rumit dan tidak lazim lah yang membuat kain tenun Sekomandi dikenal dan menjadi primadona. // *JM.

Posting Terkait