Semiloka IKA Unhas Akan Bahas Rencana Strategis Sulbar Sebagai Terdampak Pemindahan Ibukota Negara

3 views

Mamuju, Potretrakyat.com; -Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) bakal menggelar Seminar dan Lokakarya (Semiloka). Senin, (16/11/2019) mendatang.

Semiloka akan terfokus terhadap Rencana Strategis (Renstra) peluang ekonomi sebagai kawasan terdampak pemindahan ibukota negara dengan mengusung tema; “Daya Saing sebagai penyangga ibukota NKRI”.

Dalam kegiatan ini akan menghadirkan narasumber dari Bappenas dengan target undangan 300 peserta dari 6 (Enam) kabupaten, termasuk Bupati.

Menurut Wakil Ketua IKA Unhas Korwil Sulbar, Naharuddin, Sebagai salah satu kawasan terdampak, Sulbar harus memafaatkan momentum itu. Harus siap berlaga dalam pasar bebas. Apalagi Sulbar kaya Sumber Daya Alam (SDA). Baik di sektor perikanan, kelautan, perkebunan, dan tanaman hortikultura. Oleh karenanya, Sulbar harus mampu meramu strategi guna mengidentikasi peluang ekonomi. Sebagai stakeholders, semiloka digelar guna menyingkap peluang yang bisa menambah pendapatan daerah dan masyarakat.

“Sekaligus jadi penyangga utama terhadap kebutuhan ibukota negara,” kata Naharuddin dalam konferensi pers, di Sekretariat IKA Unhas, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju. Senin malam, (5/11/2019).

Ia menjelaskan, tujuan Semiloka untuk menghimpun berbagai informasi berkaitan potensi Sulbar. Kemudian merumuskan strategi investasi lokal dalam menjawab tantangan global melalui peningkatan daya saing. Lalu melakukan mapping, kolaborasi, dan model konsensus antara pemerintah daerah dengan stekeholders.

“Semiloka ini akan melahirkan gagasan-gagasan yang bisa jadi rencana strategi pengembangan wilayah dan potensi. Sehingga ini bisa jadi instrumen dalam pengambilan kebijakan dan pembangunan di Sulbar,” kata Nahar.

Pakar Social Walfare DR. Suyuti Marzuki mengatakan, potensi Sulbar cukup besar, baik dari hasil pertanian, kelautan, perkebunan, dan tanaman hortikultura. Semiloka hadir untuk meramu rumusan strategis pembangunan Sulbar dan akan didorong di tingkat nasional.

“Output kegiatannya nanti berupa dokumen. Lalu kita akan didorong bersama pemerintah, strategi apa yang akan dilakukan,” kata Suyuti juga selaku Steering Committe dalam semiloka itu.// Sr // **Judistira.

Posting Terkait