Sestama BKKbN RI Dan Kapolda Sulbar Berikan Kuliah Umum di Poltekes Kemenkes Mamuju

?
5077 views

Mamuju, Potretrkyat.com; -Sekertaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKbN RI) Nofrijal bersama Kepala Polisi Daerah Sulawesi Barat (Kapolda Sulbar) Brigjen. Pol. Drs. Baharuddin Djafar, M.Si membawakan kuliah umum di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mamuju tentang “Peranan dan Persiapan Remaja Dalam Menghadapi Bonus Demografi” kemarin Rabu, (28/2/2018).

Sebelum memberikan kuliah umumnya, Sestama BKKbN RI meresmikan Pojok Kependudukan yang berada di Poltekes Kemenkes Mamuju.

Dalam pemaparannya, Nofrijal mengungkapkan bahwa, saat ini indonesia berada digerbang bonus demografi, Dimana jumlah masyarakat usia produktif lebih banyak dibanding yang tidak produktif.

“Tantangan kita kedepan semakin luas, diantaranya pernikahan diusia dini, kesehatan reproduksi remaja, kecanduan narkoba, perilaku seks menyimpang dan faktor-faktor lain yang merusak generasi diusia produktif. Olehnya diperlukan persiapan untuk mengatasi hal itu. Salah satunya ialah memutus mata rantai akses konten pornografi dan merokok di usia dini,” papar Nofrijal.

Nofrijal berharap agar pengembangan soft skill dan hard skil di tingkat sekolah dan kuliah dapat lebih ditingkatkan untuk menciptakan generasi emas, sehingga bonus demografi indonesia bisa bernilai positif dan lebih maksimal adanya.

“Di BKKBN kita punya salam Genre (Salam Generasi Berencana), yang berarti tidak menikah muda, tidak melakukan seks bebas dan tidak menggunakan narkoba. Kita ingin mewujudkan hal itu agar para generasi muda yang disebut generasi milenial dapat menjadi generasi yang produktif. Polktekes Sulbar merupakan pelopor dibidang kependudukan dan KB hal ini dengan program-program kuliah lapangannya dan juga menjadi pusat konseling masalah kependudukan di Sulbar. Kami harap kedepan hal ini bisa terjaga,” tambah Sestama BKKBN RI tersebut.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Poltekkes Mamuju, Zaki Irwan mengapresiasi kedatangan Sestama BKKBN RI ke kampusnya, ia berharap dengan peresmian Pojok Kependudukan serta membawa materi kuliah umum terkait peranan generasi milenial tersebut dapat lebih meningkatkan pemahaman mahasiswanya terkait masalah kependudukan.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan Sestama BKKBN, bapak Nofrijal ke kampus Kami, semoga materi yang dibawakan membawa pemahaman yang baik bagi mahasiswa kami,” ungkapnya.

Selanjutnya, dihadapan Mahasiswa Poltekes, Kapolda Sulbar mengatakan, “Kita harus mempersiapkan segala potensi yang ada didalam diri kita yaitu potensi emosional dan spiritual dengan didukung daya juang sehingga kita menjadi pribadi yang dapat berguna bagi bangsa dan negara,” ungkap Kapolda Sulbar dalam materi kuliah umumnya.

Untuk diketahui, Peresmian Pojok Kependudukan di Poltekkes Mamuju tersebut dalam rangka untuk mendukung layanan terkait informasi kependudukan bagi masyarakat umum, sekaligus sebagai wadah bagi para Mahasiswa untuk berdiskusi dan menggali informasi seputar kependudukan dan program pembangunan Keluarga. // *JM.

Posting Terkait