Siap Wujudkan Pilkada Aman, Damai dan Sehat, TNI-Polri Gelar Apel Pergeseran Pasukan

8 views

Mamuju, Potretrakyat.com; – Sebanyak 496 gabungan personel dari TNI – POLRI digeser untuk melaksanakan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang. Pergeseran Pasukan (Serpas) ini dilaksanakan dalam bentuk Apel Serpas yang digelar di Lapangan Akhmad kirang, Kabupaten Mamuju. Minggu, (6/12/2020).

Apel Serpas ini dipimpin oleh Kapolresta Mamuju Kombespol Minarto bersama Dandim 1418 Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono yang juga di hadiri oleh Waka Polda Sulawesi Barat Brigjen Pol Drs. R.Umar Faroq bersama PJU Polda Sulbar, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Mamuju.

Apel diawali dengan laporan Kabag Ops. Polresta Mamuju Kompol. Muhammad Imbar Bakri selaku komandan Apel. Kedua Pemimpin apel serpas secara bergantian memberikan arahan untuk kesiapan PAM TPS di wilayah masing-masing, keduanya juga sangat menekankan sikap netralitas petugas dalam pilkada 2020 ini.

“Pastikan patuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 dan Bersikap sopan santun serta Humanis dalam melaksanakan tugas pengamanan nantinya,” ucap Kombes Pol Minarto.

Dandim 1418 mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono dalam arahannya memberikan suport kepada seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS, Ia memastikan bahwa TNI Polri dalam pilkada ini adalah suatu kebutuhan dan telah diamanahi tugas negara untuk menciptakan pilkada yang aman dan kondusif.

“TNI Polri adalah berdiri diatas semua golongan, wujud dari pengabdian kita adalah suksesnya penyelenggaraan pilkada tahun ini, jaga sikap jaga perbuatan, layani masyarakat dengan sepenuh hati serta junjung tinggi sikap netralitas TNI Polri,” Ucap Dandim 1418 Mamuju.

Pasca pengarahan Kapolresta mamuju bersama Dandim 1418 mamuju, Waka Polda sulawesi barat turut berikan arahan tambahan dan lansung lakukan pemeriksaan pasukan didampingi sejumlah PJU Polda Sulbar, serta ketua KPU Kabupaten mamuju dan Ketua Baswaslu kabupaten mamuju.

Dalam Arahan Waka Polda Sulbar sangat menekankan kordonasi serta sikap netralitas TNI Polri dalam perhelatan Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Kita berharap Pilkada ini akan berjalan kondusif, Aman dari gangguan konvensional seperti konflik, kekerasan, money politics dan pelanggaran pidana, terhindar dari penyebaran hoax dan aman dari penyebaran Covid-19,” ujar Wakapolda Sulbar.

Wakapolda Sulbar berharap jajaran TNI – POLRI bisa bekerja sama sebagai satu tim. Karena TNI dan POLRI adalah garda terdepan sebagai pengamanan dan sikap netralitas dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Selain itu juga personel TNI dan POLRI diharapkan terus membangun hubungan dengan penyelenggara Pemilu di Kabupaten Mamuju yaitu KPU dan Bawaslu serta unsur pengamanan lainnya yaitu Linmas dan Satpol PP.

“Saya doakan rekan-rekan semua dapat melaksanakan tugas dengan baik, tetap jaga kesehatan, menerapkan Protokol Kesehatan dan dapat kembali ke satuan masing-masing dengan misi yang sukses dan badan tetap sehat,” tandas Wakapolda Sulbar

Sebelumnya, seluruh personel dari POLRI yaitu Polresta Mamuju dan TNI Kodim 1418/ Mamuju yang digeser untuk pengamanan TPS telah dipastikan kesehatannya bebas dari Covid-19 melalui rapid test. Mereka nantinya akan ditempatkan di berbagai TPS yang ada di wilayah kabupaten yang melaksanakan pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.// Rls// **Judistira.

banner 468x60) banner 468x60) banner 468x60)

Posting Terkait