Sudirman Molle, SE., Hadiri Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rayat Di Pasangkayu

2 views

Pasangkayu, Potretrakyat.com; –Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Pengujian Mutu Benih Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat Sudirman Molle, SE., didampingi Abd. Majid. SP., selaku kepala seksi Pengawasan dan Syafaruddin staf UPTD dinas Perkebunan Prov. Sulbar menghadiri kegiatan penanaman perdana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di desa  Karape, Kecamatan Bulutaban Kabupaten Pasangkayu.

Penanaman perdana PSR tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Pasangkayu DR Ir. H. Agus Ambo Jiwa, MP., yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Pasangkayu dan di dampingi oleh Kepala UPTD dinas perkebunan Provinsi Sulawesi Barat Sudirman molle SE., Kajari Kabupaten Pasangkayu dan dan forkopimda Kabupaten Pasangkayu. Rabu, (7/10/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Pasangkayu mengharapkan kepada para kelompok Tani agar mendapat perhatian terhadap kegiatan ini. Karena tahun 2020 ini kabupaten Pasangkayu mendapat bantuan dana sebesar Rp. 71.167.796.000 atau sama dengan 2.760.24 Hektar.

“Saya juga mengharapkan kepada dinas pertanian dan perkebunan agar dapat mengusahakan tanaman sela atau tanaman tumpang sari dimana tanaman Kelapa sawit itu adalah tanaman jangka panjang. Kasihan para petani kita kalau tidak ada tanaman sela,” ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan agar dalam kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi dinas perkebunan Provinsi Sulawesi Barat menyerahkan Sertifikat kepada kepala dinas perkebunan dan peternakan Kabupaten Pasangkayu yang merupaan hasil Sertifikasi bibi sawit dari Pengawasan Bibit Tanaman PBT dari Sulawesi tengan yang ditunjuk oleh Balai Besar Surabaya.

Isi Sertifikat yg dimaksud adalah merupakan hasil sertifikasi menandakan bahwa benih yang beredar sudah memenuhi persyaratan untuk di tanam oleh para petani.

Seusai pelaksanaan penanaman perdana peremajaan sawit rakyat PSR, Kepala UPTD bersama rombongan melakukan pengawasan pelaksanaan pelabelan Bibit kelapa sawit yang siap disalurkan kepada petani yang ada di wilayah Kabupaten Pasangkayu.// Judistira.

banner 468x60)

Posting Terkait