Surat Suara DPRD Kabupaten Mamuju Tertukar

290 views

Mamuju, Potretrakyat.com; –Warga temukan surat suara yang tertukar di TPS 24 dan 25 Kelurahan Binanga, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju berikan klarifikasi.

Pesta demokrasi Pemilu 2019 di Mamuju, Sulawesi Barat kali ini sempat diwarnai dengan kejadian tertukarnya Surat Suara untuk DPRD Kabupaten Mamuju Daerah Pemilihan (Dapil_red;) Tiga yang tercecer ke Dapil Satu di TPS 24 dan 25 Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju.

Kejadian ini terungkap ketika seorang warga yang hendak menyalurkan hak suaranya tiba-tiba keluar dari bilik suara dan langsung menuju ke ketua KPPS di TPS 25 untuk menanyakan perihal tidak ditemukannya nama calon yang ingin Ia pilih. Ketika hal tersebut terungkap, ketua KPPS langsung menghentikan untuk sementara proses pemilihan di TPS 25 dan kembali menyortir seluruh surat suara yang ada. Alhasil ditemukan sejumlah surat suara pemilihan Dapil Tiga yang tercecer ke TPS Dapil Satu Kabupaten Mamuju. Dan ternyata hal yang sama juga ditemukan di TPS yang bersebelahan yakni TPS 24 Kelurahan Binanga.

Menjawab permasalahan yang terjadi, ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkang mengatakan “Hal tersebut terjadi bukan karena disengaja, melainkan murni kesalahan petugas yang saat penyortiran surat suara tidak memperhatikan dengan baik. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa pada saat penyortiran, kami telah dikejar waktu yang sangat sempit”, ucap Hamdan.

Lebih lanjut disampaikan Hamdan, “ Waktu yang direncanakan untuk melakukan pelipatan surat suara adalah satu bulan sebelumnya, namun pada kenyataannya, surat suara baru tiba diawal bulan April, sehingga anggota kami yang melakukan pelipatan surat suara ditargetkan hanya 9 hari untuk menyelesaikan semua pelipatan, akhirnya terjadi kesalahan tertukarnya surat suara yang terjadi di TPS 24 dan 25 Kelurahan Binanga tersebut,” Ungkapnya.

Sebagai langkah lanjutan, KPU Kabupaten Mamuju berencana akan melakukan koordinasi dengan KPU provinsi dan KPU RI dan kemudian melakukan pemilihan lanjutan untuk surat suara DPRD Kabupaten Mamuju Dapil Satu di dua TPS tersebut.// **JUDISTIRA.

Posting Terkait